Malang (ANTARA) - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menggandeng Universitas Brawijaya (UB) untuk mendukung pengembangan pendidikan berkelanjutan di kampus itu melalui berbagai program.

Beberapa program yang diinisiasi Bank Danamon untuk pengembangan pendidikan berkelanjutan antara lain penanaman pohon untuk konservasi lingkungan, lokakarya literasi keuangan, dan pengembangan infrastruktur perpustakaan.

"Melalui Program Danamon Peduli ini kami memperkuat pendekatan tanggung jawab sosial holistik untuk masa depan yang berkelanjutan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)," kata Regional Corporate Officer Danamon Jawa Timur Irene Sri Redjeki dalam rilis yang diterima di Malang, Sabtu.

Pada semester pertama 2024, pihaknya berkolaborasi dengan UB untuk memajukan dunia pendidikan berkelanjutan, meningkatkan literasi keuangan, meremajakan lingkungan kampus, dan memodernisasi fasilitas perpustakaan.

Baca juga: Universitas Brawijaya gandeng warga kelola hutan berkelanjutan

Kegiatan tersebut, lanjutnya, dilakukan pada dua lokasi kampus UB yakni di kampus utama UB di Malang dan kampus Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) UB di Kediri.

Kegiatan pertama berlangsung di kampus PSDKU UB Kediri dalam penanaman 100 pohon ketapang dan tabebuya sumbangan dari Bank Danamon. Penanaman pohon juga menandai peresmian gedung baru kampus tersebut yang dihadiri Rektor UB Prof Widodo dan Area Manager Danamon Kediri Lorentia Handoko.

Selanjutnya lokakarya literasi keuangan diselenggarakan untuk 125 mahasiswa di kampus UB Malang dengan presentasi dari tim Danamon Jatim  tentang keamanan berinvestasi. Agenda Danamon di UB ditutup dengan peresmian perpustakaan pusat UB yang dihadiri antara lain Rektor UB Prof Widodo,  Direktur Perpustakaan UB Dr Iwan Permadi, Branch Network Head Danamon Eka Dinata, dan Regional Corporate Officer Danamon Jatim Irene Sri Redjeki.

Baca juga: Psikologi UB gelar proyek pakaian daur ulang untuk pelajar

Lebih lanjut Irene menekankan pentingnya peran pendidikan dalam pembangunan berkelanjutan. “Oleh karena itu Program Danamon Peduli mencerminkan komitmen kami untuk berinvestasi dalam masa depan yang berkelanjutan melalui pendidikan," ujarnya.

Ia meyakini dengan memberikan literasi keuangan yang tepat, meremajakan fasilitas pendidikan, dan mempromosikan gaya hidup yang berkelanjutan, dapat membantu menciptakan generasi masa depan yang lebih sadar akan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Menurutnya, kerja sama dengan UB memungkinkan Danamon menjangkau lebih banyak mahasiswa dan memberikan mereka sarana serta pengetahuan yang diperlukan agar berhasil dalam ekonomi global.

"Kami berharap dapat terus memperluas inisiatif ini dan membuat dampak positif yang lebih besar pada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Mendes ajak alumni Universitas Brawijaya bangun Indonesia dari desa

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024