Medan (ANTARA) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Utara menyebutkan pengelola hotel di wilayah ini mulai menerima pemesan kamar terkait pelaksanaan Pekan Olahraga (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumut.

"Kami mendapatkan informasi dari pihak pengelola hotel bahwa sudah ada ofisial yang memesan, seperti hotel di Medan dan hotel dekat Bandara Kualanamu," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara Denny S Wardhana di Medan, Sabtu.

Denny melanjutkan beberapa hotel yang cepat dipesan dimungkinkan karena berdekatan dengan venue pertandingan ajang nasional tersebut.

Lebih lanjut, dia mengatakan pemesanan kamar hotel itu nantinya sampai satu bulan lamanya, baik dari pihak panitia maupun kontingen.

"Rata-rata yang memesan hotel untuk PON ini bertaraf bintang empat maupun tiga karena dimungkinkan melihat tarifnya lebih terjangkau," ucapnya.

Pada pelaksanaan PON 2024 Pemprov Sumut menyediakan sebanyak 96 hotel dengan sekitar 8 ribu kamar yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di wilayah ini.

Baca juga: PHRI: Kamar hotel di objek wisata Sumut penuh selama libur Lebaran 

Baca juga: PHRI: Okupansi hotel naik 80 persen jelang Aquabike Jetski 2023

"Kami telah siap melayani peserta PON tersebut, jika hotel bintang empat dan tiga penuh, kami menyiapkan hotel bintang satu maupun dua untuk menampung baik kontingen maupun suporter dan lainnya," ucapnya.

PON 2024 merupakan PON edisi pertama yang diselenggarakan di dua provinsi. Nantinya PON 2024 akan diikuti oleh 38 provinsi termasuk Daerah Otonom Baru (DOB) dan Ibu Kota Negara (IKN) dengan status defile.

PON edisi ke-21 yang dijadwalkan pada September 2024 ini, menjadi perpisahan dari masyarakat olahraga prestasi untuk masa bakti Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Adapun untuk PON di Aceh bakal mempertandingkan 33 cabang olahraga, 42 disiplin cabang olahraga, 510 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 5.636 atlet dan 2.572 ofisial.

Sedangkan untuk PON di Sumatera Utara, mempertandingkan 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 528 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 6.281 atlet dan 3.140 ofisial.

Baca juga: Sumut perlu ada promosi saat TPK menurun

Baca juga: PHRI Bali waspadai pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024