Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyambut positif peluncuran rute baru maskapai Super Air Jet yang mulai melayani penerbangan rute Surabaya di Jawa Timur ke Berau di Kalimantan Timur pergi-pulang (PP).

"Momen membanggakan ini menandai langkah penting dalam peningkatan konektivitas udara di Indonesia khususnya antara Jawa Timur dan Kalimantan Timur," kata Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau Berau Ferdinan Nurdin dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Ferdinan menyampaikan bahwa peluncuran rute baru maskapai Super Air Jet rute Surabaya-Berau telah diluncurkan pada 14 Juni 2024.

Ia menuturkan bahwa rute Surabaya - Berau PP akan melayani penumpang setiap hari dengan pesawat bermesin jet Airbus A320 yang membuka akses lebih luas bagi masyarakat di kedua wilayah tersebut.

Ferdinan mengungkapkan bahwa rute ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi lokal.

"Kami melihat potensi besar dari penambahan rute baru ini untuk mendorong perkembangan ekonomi, perdagangan, pariwisata, dan sosial di wilayah Berau dan sekitarnya," ujar Ferdinan.

Menurutnya, manfaat strategis dari rute penerbangan langsung dari Surabaya akan memudahkan wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata unggulan Kabupaten Berau, seperti Kepulauan Derawan dan Maratua.

Selain itu, juga akan memberikan dampak positif bagi sektor bisnis dan iklim investasi di Kabupaten Berau.

Menurut Ferdinan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan terus mendukung pengembangan rute-rute baru yang strategis untuk kemajuan transportasi udara di Indonesia.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengapresiasi inisiasi pembukaan rute baru tersebut serta meminta agar pemerintah Kabupaten Berau dapat menjaga tingkat keterisian penumpang.

Akmal juga mengimbau Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kalimarau agar selalu meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan operasional penerbangan.

"Kami mendukung penuh inisiatif ini dan berharap rute baru ini akan berkelanjutan dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan berkontribusi dalam meningkatkan konektivitas udara di Kalimantan Timur," ujarnya.

Bupati Berau Sri Juniarsih juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi terhadap pembukaan rute baru tersebut.

Namun, dia juga menyampaikan usulan kepada Lion Group untuk membuka rute baru lainnya dari Berau menuju Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar Bali.

Menurutnya, perluasan rute penerbangan ini memiliki potensi pasar yang tinggi serta memberikan pilihan perjalanan yang lebih banyak bagi masyarakat Berau.

Presiden Direktur Lion Group Daniel Putut menyampaikan bahwa selain rute baru Surabaya - Berau PP, sebelumnya Lion Group telah mengoperasikan beberapa rute dari Berau seperti ke Samarinda, Balikpapan, dan Jakarta.

Di samping itu untuk membuka peluang penerbangan umroh bagi masyarakat Berau dari Bandara Kalimarau sebagai feeder.

"Harapan ke depan, rute Surabaya - Berau ini tidak hanya meningkatkan konektivitas, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Berau," kata Daniel.

Baca juga: Super Air Jet jelaskan alasan pesawat tergelincir di Bandara Weda
Baca juga: Super Air Jet buka rute Padang - Kualanamu pergi pulang setiap hari


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024