Samarinda (ANTARA) -
Alumni Akabri 94 membantu pembangunan 10 sumur bor untuk warga Kalimantan Timur (Kaltim), terutama di kawasan yang selama ini sulit memperoleh layanan air bersih.
 
"Bakti sosial ini merupakan darma bakti alumni Akabri 94 yang sudah mengabdi selama 30 tahun, banyak kegiatan yang telah dilaksanakan dalam bakti sosial ini," ujar Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo melalui rilis Penerangan Korem 091/ASN di Samarinda, Minggu.
 
Bakti sosial ini dilaksanakan secara maraton serentak di seluruh satuan TNI AD, AU, dan AL, termasuk kepolisian dengan kegiatan antara lain operasi katarak, pembagian kaca mata, sunatan massal, pembuatan sumur bor, dan operasi bibir sumbing yang semuanya gratis untuk masyarakat.
 
Untuk pembuatan sumur bor sebanyak 10 titik tersebut tersebar pada beberapa satuan komando distrik militer (Kodim) di wilayah Kodam VI/ Mulawarman, khususnya di Provinsi Kaltim meliputi Kodim 0901/ Kota Samarinda sebanyak dua titik sumur bor.
 
Kemudian di Kodim 0902/ Kabupaten Berau ada satu titik, di Kodim 0904/ Kabupaten Paser satu titik, Kodim 0906/ Kabupaten Kutai Kartanegara dua titik, Kodim 0909/ Kabupaten Kutai Timur satu titik, Kodim 0912/ Kabupaten Kutai Barat dua titik, dan di Kodim 0913/ Kabupaten Penajam Paser Utara dua titik.

Baca juga: Alumni AKABRI 1990 bagikan bantuan penyintas kebakaran di Jaksel
Baca juga: Alumni Akpol dan Akabri 92 salurkan sembako dukung penanganan pandemi
 
Hingga kini, menurut Pangdam, pembuatan sumur tersebut masih terus berlanjut sampai mengeluarkan air untuk yang lima titik, sedangkan lima titik lainnya masih dalam proses penyelesaian.
 
Sedangkan hasil bakti sosial yang tersebar di sejumlah Kodim antara lain donor darah sudah diperoleh sebanyak 2.025 kantong darah, sunat massal diikuti 388 anak, pengobatan massal diikuti 2.426 orang, operasi katarak diikuti 124 plus pembagian kaca mata gratis.
 
Bakti sosial itu merupakan rangkaian dari Dharmabakti 30 Tahun Alumni Akabri 94 yang mengusung tema '30 Tahun Pengabdian Palagan 94, Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami, Cooling System Menjelang Pilkada Serentak'.

Pilkada Serentak 2024 sekarang sedang berproses dengan pemungutan suara pada 27 November.

Baca juga: Akabri 2001 Dwipa Arya kirim bantuan sosial untuk Sulbar dan Kalsel
Baca juga: Solidaritas alumni AKABRI 89 gelar baksos ke warga tak mampu di Bogor
Baca juga: AKABRI 94 gelar baksos sebagai bentuk nyata pengabdian masyarakat

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024