Jakarta (ANTARA) - Katedral Jakarta menyumbangkan seekor sapi untuk Masjid Istiqlal pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah sebagai bentuk toleransi dan kepedulian dan persaudaraan.
 
"Tahun ini Katedral menyumbang seekor sapi, ini sebagai semangat persaudaraan pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah," kata Kepala Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) sekaligus Juru Bicara Masjid Istiqlal Ismail Cawidu saat dikonfirmasi di Jakarta, Ahad.
 
Menurut Ismail, sapi tersebut bukan merupakan hewan kurban, tetapi sebagai hadiah. "Istilahnya ini adalah hadiah atau sumbangan seekor sapi dari pihak Gereja Katedral," kata Ismail.
 
Selain itu, Gereja Katedral juga menyediakan lahan parkir kendaraan jamaah yang akan melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Hal ini sudah menjadi kegiatan rutin saat berlangsungnya kegiatan keagamaan di dua rumah ibadah tersebut.
 
"Ya betul, lahan parkir Katedral dibuka untuk jamaah Idul Adha dan ini sudah berlangsung lama, demikian pula sebaliknya, bila Natal lahan parkir Istiqlal juga dibuka untuk jemaat Katedral," kata Ismail.
 
Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah, H Martomo Malaing ditunjukkan sebagai imam dan Khatib Prof Dr Amien Suyitno. Wapres juga direncanakan melakukan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal.
 
"Penyelenggaraan Shalat Idul Adha besok Senin dimulai jam 07.00 WIB dan akan dihadiri Bapak Wapres dan para menteri dan duta besar negara sahabat," kata Ismail.
Baca juga: Masjid Istiqlal sudah terima 44 hewan kurban
Baca juga: TMII berikan dua ekor sapi untuk kurban di Masjid Sunan Kalijaga

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024