Jakarta (ANTARA) - Polsek Metro Menteng Jakarta Pusat memperketat penjagaan di sepanjang kawasan Sudirman-Thamrin pada malam takbiran Idul Adha 1445 Hijriah.
 
"Kami memfokuskan penjagaan di sepanjang Sudirman-Thamrin, Menteng agar jangan sampai ada warga yang takbir keliling," kata Kapolsek Metro Menteng Jakarta Pusat Kompol Bayu Marfiando saat ditemui di Pos Polisi Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu.
 
Bayu menyebut  60 personel diterjunkan untuk berjaga di setiap titik agar tidak terjadinya kepadatan berlebihan ataupun tindakan yang tidak diinginkan di sekitar kawasan.
 
Selain itu, pihaknya juga terus memantau pergerakan di lapangan selama malam takbiran Idul Adha 1445 Hijriah. Jika ditemukan adanya keramaian atau takbir keliling, maka pihaknya akan berlanjut melakukan patroli 24 jam.
 
"Di Menteng sendiri kita sudah menyebarkan personel di beberapa titik untuk mencegah masyarakat yang ingin melaksanakan takbir keliling di sepanjang jalur Thamrin-Sudirman," jelas Bayu.
Suasana Bundaran HI saat malam takbiran Idul Adha 1445 Hijriah, Minggu (16/6/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza

Bayu mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling apalagi di jalan raya yang bisa mengganggu arus lalu lintas. Jika ditemukan adanya takbir keliling, maka pihaknya dengan tegas akan menindaklanjuti baik berupa tilang ataupun sanksi lainnya.
 
"Kita imbau untuk warga tidak melakukan takbir keliling apalagi di jalan raya. Masyarakat bisa melaksanakan takbir di masjid masing-masing. Apabila kita temukan maka kita lakukan penindakan baik berupa tilang maupun sanksi lainnya," ucap Bayu.
 
Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta Pusat ramai lancar dikunjungi warga saat malam takbiran Idul Adha 1445 Hijriah, meskipun di lokasi tersebut tidak ada kegiatan apapun pada Minggu malam.
 
Kendaraan roda dua maupun empat silih berganti melintasi kawasan Bundaran HI. Di lokasi juga terdapat sejumlah anggota Kepolisian yang mengatur kelancaran arus lalu lintas.
 
Terlihat ada beberapa pengendara yang tidak mengenakan helm ditegur dan diberikan peringatan oleh personel Kepolisian.
Baca juga: Polda Metro Jaya imbau masyarakat tidak lakukan takbir keliling
Baca juga: Polda Metro Jaya siap amankan malam takbiran di Jakarta
Baca juga: Polisi antisipasi konvoi takbiran dari Jakarta Utara ke Jakarta Pusat

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024