Banda Aceh (ANTARA) - Otoritas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, Angkasa Pura (AP) II mencatat jumlah penumpang melalui bandara tersebut pada Sabtu (15/6), dengan total 2.993 penumpang menjadi puncak kedatangan menjelang Idul Adha 1445 Hijriah.

“Jika kita lihat dari data yang ada, peningkatan penumpang yang datang ke Aceh melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang terjadi pada Sabtu. Mungkin mereka ingin merayakan hari pemotongan hewan 'meugang' dan Idul Adha 1445 Hijriah bersama keluarga di Aceh,” kata Executive General Manager AP II Bandara SIM Darmadi, di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan menjelang Idul Adha 1445 Hijriah, jumlah penumpang yang datang melalui Bandara SIM lebih banyak dibanding dengan yang berangkat, mengingat di Aceh ada tradisi “meugang” hari pemotongan hewan sebelum lebaran.

Adapun penumpang yang datang melalui Bandara SIM pada Sabtu (15/6) sebanyak 1.604 orang, dan yang berangkat melalui bandara tersebut sebanyak 1.389 orang.

Sedangkan untuk Minggu ini, jumlah penumpang turun menjadi 1.951 penumpang terdiri dari yang datang sebanyak 1.126 orang dan yang berangkat 825 orang.

“Secara umum jumlah kedatangan hingga saat ini lebih banyak dibandingkan dengan yang berangkat,” katanya pula.

Ia menambahkan rata-rata penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Internasional SIM Blang Bintang rata-rata dua ribuan penumpang.

Adapun maskapai penerbangan domestik di Bandara Internasional SIM Blang Bintang Aceh Besar yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Pelita Air dan Susi Air (perintis).

Kemudian untuk maskapai penerbangan internasional Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang, dan Jeddah.

Sedangkan untuk rute domestik terdiri dari Jakarta, Kualanamu, dan untuk perintis Kutacane, Sabang, Simelue, Tapaktuan, Gayo Lues.

Bandara Internasional SIM Blang Bintang Aceh Besar memiliki dimensi landas pacu 3.000 x 45 meter dengan area parkir pesawat mampu menampung delapan pesawat.

Adapun untuk kapasitas terminal lebih kurang 1,5 juta penumpang per tahun dan lebih kurang 4 ribu penumpang per hari.
Baca juga: Pengelola Bandara SIM: Fasilitas berfungsi baik hadapi libur panjang
Baca juga: AP siap operasikan Bandara SIM hingga 24 jam dukung PON


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024