Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa politik telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada Minggu (16/6). Berikut beberapa berita pilihan yang masih menarik dibaca pagi ini.

1. Gibran berkurban sapi jenis limosin di Masjid Al-Azhar
 
Wali Kota Surakarta sekaligus Wakil Presiden Terpilih periode 2024–2029 Gibran Rakabuming Raka menyumbangkan hewan kurban satu ekor sapi jenis limosin dengan berat sekitar 700 kilogram di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
 
Kepala Kantor Masjid Al-Azhar Tatang Komara mengatakan, sapi tersebut diserahkan oleh Gibran melalui stafnya pada Sabtu (15/6). Selain dari Gibran, hewan kurban di Masjid Al-Azhar juga berasal dari jamaah dan internal Al-Azhar.
 
Baca selengkapnya di sini.

2. Ketua KPU jadi khatib di lokasi Presiden salat Idul Adha di Semarang
 
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dijadwalkan menjadi khatib di lokasi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Senin (17/6).
 
Hal itu disampaikan Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan melalui pesan singkat, yang diterima, di Jakarta, Minggu (16/6).
 
Baca selengkapnya di sini.

3. Pangkogabwilhan III: OPM menjadikan warga sipil sebagai tameng
 
Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard Tampubolon menegaskan anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) menjadikan warga sipil sebagai tameng.
 
"Oleh karena itu TNI melakukan tindakan kemanusiaan di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, yang selama ini dikuasai OPM," kata Letjen TNI Richard Tampubolon dalam keterangan tertulis, Minggu (16/6).
 
Baca selengkapnya di sini

4. KPU Kota Bogor lakukan penyandingan data suara setelah putusan MK
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Jawa Barat, memastikan melakukan penyandingan data suara terhadap Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang terjadi pada daerah pemilihan (dapil) 3 di Kecamatan Bogor Barat, setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 6 Juni 2024.
 
Ketua KPU Kota Bogor Habibi Zaenal Arifin mengatakan pihaknya diberikan waktu 15 hari setelah putusan, yakni hingga 20 Juni 2024 untuk melakukan penyandingan data tersebut.
 
Baca selengkapnya di sini.

5. KPU Sleman luncurkan maskot dan jingle Pilkada 2024
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta resmi meluncurkan maskot dan jingle pemilihan bupati dan wakil bupati Sleman Tahun 2024 di Lapangan Denggung, Sabtu (15/6) malam.
 
"Pada Pilkada 2024 ini KPU Sleman mengangkat fauna khas Kabupaten Sleman, Burung Punglor, sebagai maskot pemilihan bupati dan wakil bupati Sleman," kata Ketua KPU Sleman Ahmad Baehaqi di Sleman, Minggu.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024