Mekkah, Arab Saudi (ANTARA) - Anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI, Endang Maria Astuti, menyatakan perlunya pembentukan Panitia Khusus (Pansus) untuk mengevaluasi penyelenggaraan haji 2024. Hal ini dianggap mendesak mengingat minimnya perubahan signifikan dalam pelayanan jemaah haji selama satu dekade terakhir.
 
“Saya kira ini memang sudah sangat mendesak untuk dibuat Pansus karena 10 tahun saya di Komisi VIII, perubahan itu nyaris tidak ada. Baik dari sisi pemondokan, hanya sedikit perbaikan di hotel-hotel. Kemudian catering hampir tidak ada, catering ini dari tahun ke tahun selalu menimbulkan masalah,” ujar Endang, di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (16/06/2024).
 
Endang menjelaskan bahwa permasalahan tidak hanya terjadi pada pemondokan dan catering, tetapi juga di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). “Di Armuzna pun seperti itu. Jadi harus ada Pansus,” tambahnya.
 
Menurut Endang, pembentukan Pansus ini penting untuk memastikan bahwa pelayanan kepada jemaah haji dapat ditingkatkan secara signifikan di masa mendatang. “Harus segera dibentuk Pansus ke depan agar supaya pelayanan-pelayanan jemaah haji ini jauh lebih baik,” tegasnya.
 
Rencana pembentukan Pansus ini diharapkan dapat memberikan evaluasi menyeluruh dan solusi konkrit terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh jemaah haji Indonesia setiap tahunnya. Timwas Haji DPR RI berharap agar langkah ini dapat membawa perubahan yang berarti dalam penyelenggaraan haji, sehingga jemaah mendapatkan pelayanan yang layak dan memadai.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024