Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura Kota menyatakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah perbatasan RI-PNG Skouw kondusif.

Pelaksanaan jalannya Shalat Idul Adha 1445 Hijriah 2024 di Masjid Al Hijrah Perbatasan RI-PNG Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura Papua berjalan lancar.

Kapolresta Jayapura Kota Kompol Pol Viktor D Mackbon melalui Kapolsub Sektor Skouw Perbatasan RI-PNG Ipda Alexander Yarisetouw di Kota Jayapura, Senin mengatakan kondisi saat ini di wilayah perbatasan sangat aman.

"Itu bisa terlihat dari aktivitas umat Muslim dalam menjalankan ibadah Shalat Idul Adha 1445 Hijriah dengan lancar," ucapnya.

Menurut Ipda Alexander, pihaknya telah membangun komunikasi dengan baik antara warga Indonesia dan PNG yang tinggal di wilayah perbatasan RI-PNG Skouw.

"Komunikasi yang baik itulah maka kami bersama TNI dapat ciptakan kondisi Kamtibmas yang baik hingga saat ini," ujarnya.

Baca juga: Danrem: Satgas Pamtas jangan lengah jaga perbatasan RI-Malaysia

Baca juga: BNPP komitmen perketat pengawasan jalur tikus di sekitar PLBN Motaain


Dia menjelaskan umat Nasrani pun ikut mendukung terciptanya Kamtibmas yang baik dan nyaman sehingga pelaksanaan Shalat Idul Adha berlangsung baik.

"Kami harapkan kondisi ini tetap terjaga baik seperti ini, dimana umat Muslim maupun umat lainnya dapat menjaga toleransi di daerah perbatasan," harapnya.

Dia mengharapkan kondisi Kamtibmas yang aman seperti ini terus terjaga hingga pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Target kami kondisi Kamtibmas yang terjaga seperti ini berlanjut hingga pelaksanaan Pilkada pada November mendatang, maka diharapkan semua pihak harus tetap mematuhi aturan yang diterapkan di daerah ini," imbuhnya.

Dua personel Subsektor Perbatasan Skouw RI-PNG bersama dua personel Satgas Pamtas RI-PNG Skouw mengamankan pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Al Hijrah Perbatasan RI-PNG Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura Papua, Senin (17/6) 2024.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024