Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi VIII DPR RI mengingatkan kepada panitia atau petugas ibadah haji tahun 2024 agar mengawal dan mengawasi setiap pergerakan jamaah haji dari Indonesia, dari satu tempat ke tempat yang lain.
 
Menurutnya pengawasan khusus selama pergerakan jamaah dari Arafah ke Muzdalifah dan hingga ke Mina merupakan hal yang penting, karena dia berharap tragedi Muzdalifah yang terjadi tahun lalu tidak terulang kembali.
 
"Saya meminta agar pendorongan jamaah dari Arafah ke Muzdalifah hingga ke Mina menjadi pantauan kita bersama," kata Ashabul dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Selain itu, legislator tersebut menekankan agar para petugas haji mengawasi ketat pergerakan jamaah dari tenda Mina menuju Jamarat untuk menghindari insiden jamaah hilang atau salah jalur.
 
Dia pun memastikan pihaknya melalui Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI terus memantau persiapan dan pelaksanaan ibadah haji guna memastikan keamanan dan kenyamanan para jamaah haji Indonesia.
 
Dengan begitu, dia berharap seluruh jamaah haji Indonesia melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar dan tuntas hingga mendapatkan mendapat manfaat atas pelaksanaan ibadah tersebut
 
"Kita berharap, seluruh jamaah haji dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan sempurna hingga mendapatkan predikat haji mabrur," tuturnya.

Baca juga: DPR minta Kemenag antisipasi potensi masalah selama puncak haji

Baca juga: Timwas Haji DPR minta Kemenag pastikan distribusi konsumsi lancar

Baca juga: Waka Komisi VIII: Sejumlah komisi ikut perkuat pengawasan haji 2024

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024