Jakarta (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan ucapan selamat Idul Adha 1445 Hijriah untuk seluruh umat Islam, dalam keterangannya melalui platform Telegram yang dipantau di Jakarta, Senin.

Idul Adha menandai puncak ibadah haji bagi umat Islam.

Putin mengatakan Idul Adha berperan dalam mempersatukan umat dan mendorong rasa belas kasih, keadilan, dan saling pengertian dalam masyarakat, serta menyoroti nilai-nilai spiritual Islam yang mendalam dan abadi.

“Sungguh menggembirakan bahwa kehidupan umat Islam di negara kami (Rusia) diperkaya dengan amal dan usaha yang baik, serta inisiatif baru di bidang budaya, pendidikan, dan pencerahan,” ujar dia.

Selain itu, Putin menyebut organisasi-organisasi Muslim di Rusia menaruh banyak perhatian untuk memperkuat lembaga keluarga, dan memajukan pendidikan patriotik bagi generasi muda.

Menurut dia, umat Islam Rusia aktif memberikan bantuan kepada para prajurit dan veteran operasi militer khusus, kepada keluarga dan teman-teman mereka.

“Terlebih lagi, mereka memberikan kontribusi yang signifikan untuk mempromosikan persatuan rakyat kita dan membina dialog antaretnis dan antaragama di Rusia,” kata Putin.

Baca juga: Buat suasana berbeda, Muslim di Jepang shalat Idul Adha di Kayaba Park

Baca juga: Hari Raya Idul Adha dinilai sebagai momen pengorbanan

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2024