Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Dharma Jaya merekrut puluhan warga untuk membantu perusahaan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu menyediakan daging hewan kurban yang didistribusikan kepada warga pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Ada lebih dari 50 orang warga sekitar sini yang kami libatkan untuk penyediaan hewan kurban pada momentum Idul Adha ini," ujar Direktur Bisnis Perumda Dharma Jaya Irwan Nusyirman ketika ditemui ANTARA di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Perumda Dharma Jaya, Jakarta, Senin.

Para warga dilibatkan untuk berbagai peran seperti menyiapkan hewan untuk dibawa ke dalam RPH, memotong daging menggunakan alat bermesin maupun secara manual, mengemas, hingga menyalurkannya ke masyarakat.

Ia menjelaskan pelibatan warga itu sebagai bagian dari upaya perusahaan memberikan nilai tambah bagi warga sekitar untuk menambah penghasilan mereka bertepatan dengan momentum hari raya.

Baca juga: Presiden Jokowi serahkan sapi kurban ke Masjid Baiturrahman Semarang
Baca juga: Jakarta Selatan periksa status kesehatan belasan ribu hewan kurban


Irwan menjelaskan penambahan pekerja itu dilakukan untuk mengatasi meningkatnya permintaan penyediaan sapi kurban pada momentum Haru Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Jumlah sapi yang dipotong saat hari raya, kata dia, sebanyak 80 ekor, meningkat dibandingkan dengan pemotongan pada hari-hari biasa dengan rata-rata 60 ekor.

Pihaknya menargetkan, jumlah sapi yang dipotong pada momentum hari raya atau selama tiga hari ke depan sebanyak 240 ekor untuk disalurkan ke berbagai wilayah di Jakarta sesuai permintaan pihak yang berkurban.

Selain disalurkan kepada masyarakat, kata, dia, daging kurban juga diberikan kepada warga yang turut membantu dalam proses penyediaan.
​​​
"Warga yang direkrut membantu pekerja kami di sini untuk penyediaan hewan kurban selama tiga hari ke depan dengan rata-rata sapi yang dipotong 80 ekor per hari," ujarnya.
​​
Irwan menambahkan, penyediaan daging hewan kurban juga dilakukan sesuai prosedur seperti melalui karantina dan pemeriksaan kesehatan, pembersihan, dan pengemasan secara baik agar aman dan layak dikonsumsi masyarakat.

Sasaran penerima daging kurban sesuai dengan keinginan dari berbagai pihak yang berkurban dari unsur instansi pemerintah, BUMD, swasta, warga secara individu.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024