Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Tanah Papua berlangsung aman.

"Alhamdulillah pelaksanaan shalat Idul Adha yang berlangsung hari ini di wilayah hukum Polda Papua yang tersebar di empat provinsi berlangsung aman dan tidak ada laporan yang menonjol," kata Kapolda Papua di Jayapura, Senin.

Diakuinya di beberapa tempat sempat ada gangguan, namun secara bertahap sudah bisa ditangani termasuk pertikaian antarkelompok di Kabupaten Jayawijaya.

Seusai shalat Idul Adha, masjid-masjid melakukan pemotongan hewan kurban yang dagingnya kemudian dibagikan kepada masyarakat.

Polda Papua sendiri menyalurkan 58 ekor sapi untuk dikurbankan di sejumlah masjid di Provinsi Papua dan Papua Tengah.

"Hewan kurban yang sudah disembelih itu nantinya diharapkan juga diberikan kepada saudara-saudara kita non-Muslim terutama yang bermukim di sekitar masjid," harap Irjen Pol Fakhiri.

Kapolda berharap, dengan memperingati hari raya Idul Adha maka kerukunan hidup antarumat beragama di Tanah Papua tetap terjaga sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan aman.

"Mari kita bersama-sama menjaga wilayah ini agar tetap aman dan tidak mudah percaya dengan isu atau berita yang tidak benar atau hoaks," harap Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Wilayah hukum Polda Papua meliputi Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Baca juga: KRI REM dan KRI DPN gelar shalat Ied Adha saat layar di luar negeri

Baca juga: Presiden Jokowi serahkan sapi kurban ke Masjid Baiturrahman Semarang

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024