Jakarta (ANTARA) - Kepala Performa Kendaraan Williams Dave Robson menilai bahwa Alexander Albon siap untuk menjadi pesaing kuat pada sisa musim Formula 1 2024 serta musim mendatang.

“Dia memiliki semua yang dia butuhkan, kecuali mobil saat ini, untuk menjadi juara dunia. Kami hanya perlu memberinya mobil itu, yang jelas ingin kami lakukan dalam beberapa tahun ke depan,” kata Robson, dikutip dari laman resmi Formula 1, Selasa.

Sejak tiba di tim pada tahun 2022 setelah setahun absen dan digantikan oleh Sergio Perez, Robson mengatakan Albon terus mengesankan orang-orang di tim balap.

Hal itu menyusul Albon yang selalu mencetak sebagian besar poin skuad di setiap musim dia membalap untuk mereka, termasuk penampilannya di Grand Prix Monako musim ini.

“Saya pikir dia sangat bagus, cepat, juga sangat cerdas dan umpan balik yang ia berikan kepada tim terkait pengaturan yang sesuai, sangatlah penting. Ia sangat bagus di sepanjang hari Sabtu di Monako,” ungkap Robson.

Menurut Robson, tak banyak pembalap yang tidak terlalu suka melakukan pekerjaan pengaturan teknis.

“Mereka lebih suka berada di trek dan menemukan ritme mereka sendiri, tetapi dia sangat berpikiran terbuka, bisa melihat potensi manfaatnya dan sangat senang melakukan uji coba itu,” kata dia.

Adapun Albon mencetak poin pertamanya dan Williams musim ini dengan finis di P9 di Grand Prix Monako, dan Robson yakin bahwa penampilannya di sirkuit yang menantang menunjukkan kemampuan Albon untuk mengatasi tekanan dalam olahraga tersebut.

“Menghadapi tekanan di Monako, ketika kami memberinya kebebasan di sesi kualifikasi, ia mampu mengatasinya dan kami telah melihatnya secara rutin selama beberapa tahun terakhir,” kata Robson.

“Dia memiliki kecepatan yang sangat bagus, dia cerdas, bekerja sangat baik dengan para insinyurnya, dan sejauh ini menangani tekanan dengan sangat baik,” ujarnya menambahkan.

Pada bulan Mei, Albon dikonfirmasi bahwa ia telah menandatangani perpanjangan kontrak multi-tahun dengan tim, yang berarti bahwa ia akan tetap bergabung hingga diperkenalkannya peraturan teknis baru F1 pada tahun 2026.

Baca juga: Albon merasa fit untuk balapan di Austria

Baca juga: Albon berharap tuah cat rambut bantu cetak poin lagi bagi Williams

Baca juga: Williams nilai regulasi baru F1 ciptakan persaingan lebih sengit


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2024