Istanbul (ANTARA) - Selandia Baru akan memberikan tambahan dana sebesar 5 juta dolar (82 miliar rupiah) untuk Program Pangan Dunia dan UNICEF sebagai bantuan kemanusiaan bagi Gaza, demikian ungkap Menteri Luar Negeri Winston Peters pada Senin.

"Situasi kemanusiaan di Gaza sangat buruk," kata Peters di X.

"Selandia Baru akan memberikan tambahan $5 juta kepada Program Pangan Dunia dan UNICEF untuk bantuan darurat pangan, sanitasi dan kesehatan. Hal ini menjadikan total bantuan kemanusiaan Selandia Baru bagi mereka yang terkena dampak konflik Israel-Hamas menjadi 22 juta dolar (360,8 miliar),” tambahnya.

Selain menewaskan lebih dari 37.300 warga Palestina, serangan brutal Israel selama delapan bulan dan penerapan blokade di Gaza telah menjerumuskan wilayah tersebut dalam krisis kemanusiaan, dengan lembaga-lembaga bantuan internasional melaporkan kelaparan yang meluas dan ratusan ribu orang berada di ambang kelaparan.

Israel juga dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang keputusan terbarunya memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasinya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserbu pada 6 Mei.


Sumber: Anadolu

Baca juga: Ketegangan geopolitik dan kebijakan bertetangga baik
Baca juga: Warga Yerusalem Timur tak rasakan kebahagiaan Idul Adha karena perang

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2024