Jakarta (ANTARA) - Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan memprediksi pengunjung melonjak pada hari ini atau hari terakhir libur Idul Adha 1445 Hijriah.
 
"Keramaian kelihatannya hari ini tertinggi ya, dibandingkan tiga hari kemarin sudah terlihat ada data sementara di jam 12 tadi," kata Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang saat dihubungi di Jakarta, Selasa.
 
Bambang menuturkan hingga pukul 13.00 WIB, total 16.639 pengunjung yang mendatangi tempat wisata favorit di Jakarta Selatan tersebut.
 
Dia menambahkan jumlah pengunjung sebanyak itu membawa 1.486 kendaraan roda dua, 10 bus, 70 sepeda, 1.348 kendaraan roda empat, termasuk 1.390 orang pengunjung ke pusat Primata Schmutzer.
 
Dia menargetkan sebanyak 60 ribu akan datang pada Selasa ini.
 
Adapun total pengunjung pada Minggu (16/6) sebanyak 16.466 orang dan Senin (17/6) sebanyak 17.024 orang.
 
Selain itu, dia juga menegaskan kembali kepada warga yang membawa kendaraan roda dua maupun empat diharapkan menunjukkan STNK.
 
"Untuk kendaraan yang masuk wajib memiliki STNK tujuannya untuk keamanan bersama. Kami mengingatkan ke pengunjung apakah surat-surat kendaraan  lengkap dan pemiliknya jelas," ujarnya.
 
Taman Margasatwa Ragunan tetap membuka pelayanan pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah agar pengunjung puas bisa menikmati waktu liburan di tempat wisata Jakarta Selatan itu.
 
Liburan Hari Raya Idul Adha pada 17 dan 18 Juni 2024 jam operasional berlaku mulai dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.
 
Hari libur satwa yang biasanya Senin mundur menjadi hari Rabu, sehingga Taman Margasatwa Ragunan akan tutup pada 19 Juni 2024.
 
"Rabu atau 19 Juni 2024 tutup atau libur satwa," ujarnya.

Di temui di lokasi, warga bernama Devi asal Padang menyatakan senang bisa menghabiskan waktu liburan di tempat wisata ini lantaran harga terjangkau dan lokasi dekat dengan indekos.

"Meski sempat hujan, senang bisa ke sini, bisa makan pecel sambil lihat satwa," ujar Devi.
 
Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan memiliki luas 147 hektare serta dihuni lebih dari 2.009 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon.
Baca juga: Margasatwa Ragunan tetap buka pelayanan pada Hari Raya Idul Adha
Baca juga: Tiket murah jadi daya tarik warga kunjungi Taman Margasatwa Ragunan
Baca juga: Margasatwa Ragunan jadi destinasi wisata alternatif selama libur

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024