Tangerang (ANTARA) - Tim kesehatan hewan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, Banten, menemukan delapan kasus cacing hati (fasciola heoatica) yang terdapat pada hewan kurban di daerah itu.

"Sampai laporan semalam, ditemukan manifes cacing hati pada hewan kurban," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner DPKP Kabupaten Tangerang Joko Ismadi di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan, dari ke delapan kasus cacing hati itu terdiri dari satu kasus pada seekor kerbau dan tujuh ekor sapi kurban di beberapa tempat penyembelihan yang ada.

Sementara terkait dengan temuan kasus cacing hati itu, katanya, tim kesehatan hewan sudah langsung memusnahkan organ hati sapi yang terdeteksi kasus tersebut.

Baca juga: Distan Bandarlampung: Bagian daging terpapar cacing hati harus dibakar

Baca juga: DKPP Bantul temukan puluhan hewan kurban miliki cacing hati


"Tapi dari kasus itu, dagingnya layak untuk di konsumsi. Sementara hati yang ada cacingnya tidak layak dikonsumsi dan dimusnahkan," katanya.

Ia mengungkapkan, terkait tentang hasil temuan kasus pada daging kurban yang ada di lokasi lainnya, sampai saat ini belum ada laporan temuan kasus.

Berdasarkan laporan sementara dari hasil pemeriksaan kesehatan hewan kurban terhadap 32.184 ekor, antara lainnya 8.344 ekor sapi, 40 ekor kerbau, 4.573 ekor kambing dan 19.227 ekor domba tersebut tidak ditemukan hewan yang mengalami penyakit Antraks maupun penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Dari pemeriksaan awal kita tidak menemukan hewan kurban mengalami penyakit berbahaya seperti Antraks atau PMK. Tetapi ini juga belum final, kita pendataan sampai selesai hari tasyrik," ungkapnya.

Adapun untuk jumlah pemotongan hewan kurban di wilayahnya itu kemungkinan besar akan masih berkembang atau bertambah. Karena hingga kini masih ada masyarakat yang melaksanakan penyembelihan.

Kabupaten Tangerang sendiri, baru terlaporkan jumlah hewan kurban yang dipotong di 26 kecamatan dengan 392 titik lokasi sebanyak 4.747 ekor hewan, di antaranya 1.349 ekor sapi, 14 ekor kerbau, 847 ekor kambing dan 2.537 ekor domba.*

Baca juga: Tim kesehatan kurban Mataram temukan lima kasus cacing hati

Baca juga: Pemkot Bogor imbau masyarakat teliti kualitas hati sapi untuk dimakan

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024