Jakarta (ANTARA) - Tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh hasil berkeliling di pameran terbesar dan terlama, Jakarta Fair Kemayoran.

Sebagian besar pengunjungnya pasti membawa pulang oleh-oleh, baik untuk anggota keluarga, maupun dibagikan ke kerabat. Aji mumpung ke acara tersebut menjadi salah satu alasan.

Bagaimana tidak, pengunjung harus menghadapi antrean masuk kendaraan sebelum menuju pintu masuk. Kemudian, harus membayar tiket masuk seharga Rp40 ribu sampai Rp60 ribu. Belum lagi jika mereka berasal dari luar kota dan hanya bisa mengunjungi pameran tersebut saat libur atau cuti.

Sejumlah makanan ini bisa menjadi oleh-oleh yang praktis untuk dibawa dan hanya dijual saat Jakarta Fair berlangsung.

1. "Bundle" makanan ringan
Hampir seluruh gerai menyiapkan produk mereka dengan kemasan "bundle" atau paket yang biasanya tidak dijual di supermarket atau minimarket.

Baca juga: Ini aneka promo makan sepuasnya di Jakarta Fair Kemayoran
Baca juga: Changhong pamerkan ragam inovasi perangkat rumah tangga di Jakarta Fair 2024


Salah satu makanan ringan, Momogi, menjual paket seharga Rp10 ribu hingga Rp20 ribu dengan berbagai isi, mulai dari empat hingga delapan produk dalam satu kemasan.

Hampir semua pengunjung yang keluar dari Jakarta Fair menenteng bundle makanan ringan, dari berbagai merek. Tidak hanya makanan ringan, minuman, mi instan hingga makanan kaleng juga tersedia dalam bentuk "bundle" yang dijual dengan bervariasi mulai Rp25 ribu hingga Rp50 ribu.

Sejumlah gerai tidak menyediakan pembayaran non tunai, sehingga pengunjung diharapkan membawa uang tunai untuk membeli paket makanan ini.
Gerai American Donat, salah satu jajanan khas di Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati


2. American Donat
Meski ada Amerika yang tersemat dalam donat ini, donat ini merupakan produksi UMKM lokal yang tidak pernah absen dalam pameran Jakarta Fair.

Anda tidak akan menemukan donat ini di tempat manapun, sehingga bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk dibawa. Varian donat yang dijual pun terbilang klasik, yakni donat dengan toping kacang, meses, keju, dan gula halus dengan harga mulai Rp13 ribu per potong.

Baca juga: TCL hadirkan promo TV 4K UHD 75 inci di Jakarta Fair 2024
Baca juga: Bapenda DKI buka gerai layanan samsat di Jakarta Fair Kemayoran


Ada juga sate donat yang berisi meses dan keju yang biasa diburu pengunjung. Anda pun tidak perlu sulit mencari gerai ini karena lokasinya yang tersebar di beberapa titik area Jakarta Fair.

3. Suvenir Jakarta Fair.
Suvenir Jakarta Fair juga bisa Anda pertimbangkan untuk dibawa karena produk-produknya eksklusif diproduksi oleh Jakarta International Expo selaku penyelenggara.

Suvenir tersebut berupa boneka bajaj, balon ondel-ondel, mug atau gelas berbentuk bajaj, kaus bergambar ondel-ondel, "hand clappers", hingga miniatur bajaj. Harganya mulai dari Rp85 ribu hingga Rp250 ribu.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024