Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) membagikan 2.000 bongsang berisi daging hewan kurban sebagai bagian dari perayaan Idul Adha 1445 H Tahun 2024 di kantor wali kota setempat. 
 
"Sebanyak 2.000 bongsang yang dibagikan nantinya berisikan daging hewan kurban seberat 1,5 kilogram," kata Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho di Jakarta, Selasa.

Ali menjelaskan, bongsang berisi daging kurban itu merupakan hasil dari penyembelihan 33 ekor sapi dan 60 ekor kambing.

Adapun total yang diterima oleh pihaknya, melalui panitia Masjid Darul Jannah sebanyak 74 ekor sapi dan 137 ekor kambing.

"Sebagian kita sudah sebar ke beberapa lokasi dan sisanya hari ini kita sembelih di sini termasuk sapi pemberian PJ Gubernur DKI, Heru Budi Hartono," ujarnya.

Baca juga: Golkar DKI salurkan 76 hewan kurban yang disebar di seluruh wilayah
 
Dia memastikan hewan kurban yang dipotong sudah diperiksa kesehatannya, fisik dan kelayakannya sesuai syariat Islam.

"Untuk efisiensi penyembelihan, terutama pada sapi, kita sejak tahun lalu sudah menggunakan alat perebah modern dan ada 100 petugas yang mulai bekerja dari proses penyembelihan hingga pendistribusian daging hewan kurban," jelasnya.
 
Nantinya daging hewan kurban yang sudah dibungkus daun jati dan bongsang tersebut, disalurkan kepada PJLP di lingkungan kantor Wali Kota Jakarta Selatan, PPSU di 10 Kecamatan dan mustahik lainnya.

"Kita targetkan sore ini jam 17.00 WIB selesai semua dan kami berharap semua prosesnya berjalan dengan lancar sampai akhir," ujarnya.

Sementara, Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan, Hasudungan A Sidabalok mengatakan, untuk hewan kurban yang dibagikan sudah dipastikan sehat dan layak dagingnya untuk dikonsumsi.

Baca juga: DLH DKI ajak masyarakat terapkan kurban ramah lingkungan
 
Namun, lanjut dia, sesuai arahan panitia kurban, untuk organ dalam seluruh hewan kurban tidak dibagikan, melainkan dikubur pada tempat yang sudah disediakan.

"Proses penyembelihan sudah sesuai syariat, pencacahan daging juga sudah kita arahkan kehigienisannya, serta pengemasan dan pendistribusian juga sudah ramah lingkungan," ujar Hasudungan.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024