Wuhan, Tiongkok, (ANTARA/PRNewswire)- Pada 6 Juni lalu, Yangtze Optical Fibre and Cable Joint Stock Limited Company (YOFC), berkolaborasi dengan China Mobile, melansir jaringan uji coba transmisi optik hollow-core di Shenzhen-Dongguan, Guangdong. Perkembangan ini merupakan momen penting dalam evolusi infrastruktur telekomunikasi sekaligus terobosan dalam teknologi serat optik konvensional.

Dalam jaringan uji coba ini, YOFC menggunakan rangkaian solusi lengkap yang khusus didesain untuk serat optik hollow-core, terdiri atas penyediaan kabel, layanan splicing, dan adaptor yang mengintegrasikan serat optik single-mode. Proyek ini berhasil mengatasi beberapa tantangan teknis yang marak ditemui dalam instalasi kompleks. Sejumlah tantangan tersebut juga mencakup mitigasi risiko lingkungan hidup dan menjamin kesiapan infrastruktur pada fase pemasangan kabel dan splicing—menangani kebanjiran pada pipa, mengatasi kelembapan yang berlebihan, serta menjalankan splicing secara akurat di ruang terbuka. Lewat langkah ini, evaluasi detail atas kinerja serat optik dapat dilakukan dalam kondisi operasional yang riil.

Indikator kinerja utama juga tercapai pada test link 20 km—seperti splice loss antara serat optik hollow-core, koneksi dari serat optik hollow-core menuju serat optik solid-core, serta atenuasi pascainstalasi—menurut standar terkemuka di dunia. Lebih lagi, implementasi jaringan ini menggunakan konfigurasi transmisi optik single-wavelength optical 800 Gbps. Maka, uji transmisi jarak jauh dalam dua arah terwujud dengan throughput 128Tb/s pada serat optik hollow-core. Kinerja ini tak hanya membuktikan aplikasi praktis serat optik hollow-core di tengah lingkungan operasional jaringan yang rumit. Namun, kinerja ini turut menjadi proof-of-concept krusial untuk skalabilitas dan aplikasi teknologi serat optik hollow-core.

Sejumlah terobosan teknologi baru tercapai di berbagai sektor berkat kecerdasan buatan. Serat optik hollow-core, dilengkapi mekanisme air-guiding, mampu mengatasi kendala yang dialami serat optik solid-core konvensional, baik dari sisi kapasitas dan latensi. Dengan demikian, teknologi ini merupakan lompatan besar dalam infrastruktur transportasi data, seperti internet backbone dan pusat data. Maka, serat optik hollow-core akan memenuhi lonjakan permintaan transmisi data pada 20 tahun ke depan dan seterusnya.

YOFC ingin mengembangkan dan memproduksi teknologi serat optik hollow-core generasi baru. Berkolaborasi dengan mitra-mitra industri, YOFC akan memfasilitasi inovasi, mempercepat komersialisasi serat optik baru, serta meningkatkan kinerja jaringan optik sekaligus membangun basis infrastruktur serat optik demi mewujudkan dunia yang lebih pintar.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024