Jakarta (ANTARA) - Ajang balap sepeda bergengsi Tour de France 2026 akan dimulai dari Barcelona, AFP melaporkan pada Rabu.

Pihak penyelenggara, ASO, mengatakan ini menjadikan ketiga kalinya ajang balap sepeda sepanjang 21 hari itu dimulai di Spanyol dalam lebih dari satu abad balapan.

Tak hanya itu, ini akan menjadi Grand Depart keempat yang diadakan di luar negeri dalam lima edisi dengan 2022 di Kopenhagen, 2023 di Bilbao, dan edisi 2024 yang akan dimulai pada 29 Juni dari Florence.

Walikota Barcelona Jaume Collboni hadir pada pengumuman tersebut dan kota tersebut juga memiliki rencana untuk meresmikan Katedral Sagrada Familia yang telah direnovasi pada tahun yang sama.

Direktur ASO Christian Prudhomme menegaskan bahwa Tour de France akan selalu menghormati akarnya dan mengunjungi kota-kota kecil dan desa-desa, tetapi ia mengaku senang dengan lokasi yang dipilih untuk 2026.

“Barcelona adalah kota bergengsi dan kota olahraga,” kata Prudhomme tentang Tour edisi ke-113 itu.

Baca juga: Jonas Vingegaard absen dari skuad Denmark untuk Olimpiade Paris

Ia mengatakan dua etape lengkap akan berlangsung di Catalonia dan etape ketiga juga akan dimulai di sana sebelum menyeberang ke Prancis.

Prudhomme mengaku sangat antusias dengan platform yang disediakan kota seperti Barcelona untuk memberikan pengalaman yang berbeda dari edisi-edisi sebelumnya.

“Grand Depart jenis ini membuat Tour de France semakin bersinar,” kata Prudhomme.

Sementara itu, untuk tahun depan, Tour de France akan dimulai di kota Lille, kota yang terletak di utara Prancis.

Di sisi lain, Tour de France 2024 akan berakhir di Nice pada 21 Juli dengan perubahan rute normalnya karena persiapan Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Tour de France 2025 akan dimulai di Lille
Baca juga: Pogacar nantikan debut di Giro d'Italia pada 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024