Jakarta (ANTARA) - Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) dalam memperingati HUT Ke-39 berkomitmen untuk menjadi pelopor pembangunan berkelanjutan dan pengelolaan kawasan yang lebih hijau, bersih, dan modern sebagai kawasan Smart City Kemayoran.

"Perayaan ulang tahun ke-39 ini adalah bukti bahwa PPK Kemayoran terus berkembang dan bertransformasi demi kenyamanan dan kemajuan
bersama. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan lingkungan," kata Direktur Pemberdayaan Kawasan PPK Kemayoran Yudi Sugara dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan kenyamanan dan fasilitas umum, ia menjelaskan PPK Kemayoran melaksanakan beberapa program revitalisasi. Program itu termasuk penataan streetscape, pelaksanaan Kemayoran Terang serta pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Utan Kemayoran.

"Penataan streetscape merupakan keterhubungan antara bangunan, jalur hijau, jalur pejalan kaki, dan jalan raya di Blok B Kemayoran. Program ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas ruang jalan dengan menjadikan pejalan kaki sebagai fokus utama dengan memperlebar jalur pejalan kaki," ungkap Yudi.

Baca juga: Indonesia usulkan pembiayaan campuran danai pembangunan berkelanjutan

Dalam hal fasilitas penerangan umum, PPK Kemayoran menghadirkan kemajuan inovasi Kemayoran Terang melalui perbaikan, pemeliharaan,serta pemasangan lampu jalan.

"Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan masyarakat semakin nyaman dan aman untuk melakukan aktivitas pada malam hari melalui peningkatan infrastruktur penerangan," kata dia.

Tidak terkecuali untuk pelestarian lingkungan, PPK Kemayoran juga bersinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di area hijau Utan Kemayoran.

"Tujuan utama dari IPAL ini adalah untuk mengurangi polusi air serta menjaga kesehatan lingkungan tanpa merusak ekosistem lokal," ujar Yudi.

Selanjutnya, dalam upaya meningkatkan pelayanan berbasis teknologi digital, PPK Kemayoran pun meluncurkan aplikasi Sistem Pelayanan Satu Atap (C-Mantap).

"Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk mengajukan berbagai permohonan layanan seperti tanah, bangunan, media luar ruang serta ruangan secara online," ucap Yudi.

Baca juga: Pejabat PBB sebut GDI kondusif untuk capai pembangunan berkelanjutan

Selain itu, dalam rangka merayakan HUT Ke-39, PPK Kemayoran turut mengadakan turnamen golf di Golf Bandar Kemayoran, Jakarta yang akan dilaksanakan pada Minggu (23/4). Turnamen itu mengusung tema Drive to Connect yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara mitra PPK Kemayoran dan memajukan kawasan Kemayoran.

"Pada usia ke-39 ini, PPK Kemayoran terus berkembang dengan penuh optimisme untuk meraih berbagai pencapaian. PPK Kemayoran akan terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan demi kesejahteraan masyarakat serta kelestarian lingkungan," tutur Yudi.

Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (BLU PPK Kemayoran) ialah satuan kerja di bawah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) yang bertanggung jawab atas pengelolaan kawasan Kemayoran seluas 450 hektare yang mencakup area perkantoran, bisnis, hunian, serta area hijau.

Berdiri sejak 1985, PPK Kemayoran terus berinovasi dan berkomitmen untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan sebagai kawasan Smart City.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024