Situbondo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mengalokasikan anggaran sekitar Rp30 miliar untuk pembangunan Gelanggang Olahraga Bung Karna (GOR Bung Karna) pada APBD 2024.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan pembangunan gedung olahraga di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, itu merupakan bagian mendukung keolahragaan di "Kota Santri Pancasila" itu.

"Kami bersyukur pembangunan gedung olahraga ini bisa terlaksana pada tahun ini, terima kasih kepada semua pihak," katanya usai peletakan batu pertama pembangunan Gelanggang Olahraga Bung Karna Situbondo, Rabu.

Baca juga: DPRD Paser rekomendasi sengketa lahan GOR tempuh jalur hukum

Dia menjelaskan bahwa pembangunan gedung olahraga yang mampu menampung atau memiliki kapasitas 3.000 orang itu nantinya mampu meningkatkan kemampuan para atlet seluruh cabang olahraga di Situbondo.

Atlet masing-masing cabang olahraga yang ada, kata Bupati Karna Suswandi, bisa latihan di gedung olahraga tersebut untuk dapat meningkatkan keahliannya.

Pembangunan gedung olahraga ini, lanjut Bupati Karna Suswandi,diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam bulan (untuk pembangunan gedung induk GOR).

"Kami juga ingin rakyat Situbondo sehat rohani maupun jasmani. Dan apabila saya masih dipercaya kembali oleh masyarakat Situbondo juga akan membangun stadion yang lebih representatif," katanya.

Bupati juga meyakini pembangunan gedung olahraga di Desa Kilensari akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Situbondo, khususnya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sekitar lokasi.

Baca juga: PSSI desak stadion-stadion di Indonesia segera penuhi standar FIFA

"Saya yakin ini menjadi daya ungkit perekonomian rakyat Situbondo. Ketika kompetisi tingkat regional dan nasional terlaksana di sini akan banyak orang datang dan peredaran uang juga meningkat," kata dia.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi menyampaikan terima kasih kepada bupati karena sangat peduli terhadap perkembangan dunia olahraga dengan membangun gelanggang olahraga.

"Tentunya para atlet dari seluruh cabang olahraga yang ada di Situbondo bangga dengan adanya gelanggang olahraga yang saat ini baru dibangun, karena menjadi tempat representatif bagi para atlet untuk latihan, termasuk jadi tempat even olahraga regional maupun nasional," katanya.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Permukiman (DPUPP) Kabupaten Situbondo Samsuri menambahkan maksud dan tujuan pembangunan gedung olahraga ini dapat menjadi tempat pembinaan, latihan dan kompetisi seluruh cabang olahraga (selain sepak bola).

"Sedangkan anggaran untuk pembangunan GOR Bung Karna ini berasal dari APPBD dan DBHCHT Rp30,9 miliar," ujarnya.

Baca juga: Atlet Pelatda PON Jateng jalani tes fisik

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024