Bandung (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memberangkatkan 92.000 penumpang kereta cepat Whoosh selama periode libur panjang Idul Adha 1445 Hijriah pada 14 hingga 18 Juni 2024.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan pada periode tersebut, kereta cepat Whoosh rata-rata melayani sebanyak 19 sampai dengan 21 ribu penumpang per hari.

“Jadi sepanjang 14 sampai 18 Juni 2024, kereta cepat Whoosh memberangkatkan sebanyak 92.000 penumpang. Puncaknya terjadi di hari Sabtu (15/6) sebanyak 21.000 penumpang,” kata Emir saat dihubungi di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, KCIC tampilkan tari tradisional dalam Whoosh

Emir menyebut total volume penumpang pada momen libur panjang Idul Adha mengalami peningkatan sekitar 25 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Dia menjelaskan 50 persen atau sekitar 46 ribu penumpang yang melakukan perjalanan pada 17 hingga 18 Juni merupakan penumpang dengan relasi Padalarang maupun Tegalluar menuju Halim.

“Kemudian pada arus balik di hari Senin dan Selasa terlihat dari jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Padalarang dan Tegalluar itu meningkat mulai sejak Senin siang sampai dengan Selasa malam,” katanya.

KCIC menyediakan sebanyak 28.848 tempat duduk setiap harinya dengan mengoperasikan 48 perjalanan kereta cepat Whoosh selama selama libur panjang Idul Adha 1445 Hijariah.

“Dengan rincian 24 perjalanan dari Halim dan 24 perjalanan dari arah Tegalluar maupun Padalarang, sehingga totalnya 48 perjalanan selama periode Idul Adha,” kata dia.

Baca juga: KCIC sasar sekolah untuk sosialiasikan bahaya main layangan di rel

KCIC mencatat sejak dioperasikan pada 17 Oktober 2023, jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh hingga saat ini telah mencapai 3,5 juta penumpang.

Emir menyebut pencapaian ini menunjukkan tingginya permintaan masyarakat akan transportasi umum yang modern dengan efisiensi waktu tempuh dan kenyamanan.

“KCIC akan terus memberikan pelayanan tebaik untuk memastikan Whoosh tetap menjadi pilihan utama untuk perjalanan masyarakat antara Jakarta dan Bandung,” kata Emir.

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024