Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang berkolaborasi dengan Universitas Pramita Indonesia (Unpri) dalam rangka mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin, di Tangerang, Rabu, mengatakan kolaborasi ini penting untuk mendukung implementasi program MBKM sebagai salah satu upaya untuk mencetak lulusan terbaik guna menyongsong generasi emas Indonesia 2045.

"Dengan kolaborasi antara kedua pihak ini diharapkan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dapat berjalan dengan optimal," katanya usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung Ruang Rapat Wali Kota Tangerang, Rabu.

Baca juga: Pemkot Tangerang-Kota Yantai China jalin kerja sama "sister city"

Menurut dia, nantinya para mahasiswa dapat memperoleh kesempatan untuk menerapkan ilmu-ilmu yang dipelajari di kampus. Kemudian pemerintah daerah juga dapat memperoleh masukan dari para mahasiswa program MBKM ini.

"Kami mendukung penuh kolaborasi ini sebagai solusi untuk mencetak para lulusan terbaik yang kelak akan menjadi pemimpin bagi Indonesia di masa depan," kata Nurdin.

Ia menambahkan bahwa kerja sama yang dilakukan Pemkot Tangerang dengan Unpri tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat di Kota Tangerang.

"Untuk itu, kami akan terus mendukung kolaborasi dan terbuka dengan masukan-masukan, terutama dari sivitas akademika dan juga para akademisi dari berbagai kampus dan perguruan tinggi dari manapun asalnya," kata dia.

Baca juga: Pemkot Tangerang-Kementerian PUPR luncurkan rusun bagi MBR

Ia berharap dengan kesepakatan bersama tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat tersebut dapat semakin memberikan pengembangan serta kemajuan bagi Kota Tangerang.

"Semoga implementasi MBKM yang dituangkan dalam tri dharma perguruan tinggi tersebut dapat semakin memberikan manfaat dan maslahat bagi masyarakat luas khususnya di Kota Tangerang," ujarnya.

Rektor Unpri Fr. Zalzulifa mengapresiasi dan menyambut baik kolaborasi dengan Pemkot Tangerang dan siap mendukung berbagai program dan kebijakan dari pemkot.

"Kami mengapresiasi keterbukaan dari Pj Wali Kota dan juga Pemkot Tangerang, sebagaimana kami juga akan terbuka dan selalu mendukung berbagai kebijakan dari pemkot, terutama yang menyasar pengembangan ilmu pengetahuan untuk pengembangan dan kemajuan masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang pastikan penuhi daya dukung Kurikulum Merdeka

Selama ini Pemkot Tangerang telah menjalin kerja sama dengan sejumlah kampus dan perguruan tinggi, di antaranya Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) serta dengan delapan perguruan tinggi se-Tangerang Raya yakni Universitas Raharja, Universitas Islam Syekh Yusuf, Universitas Buddhi Dharma, Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Global Institute, dan Universitas Pradita.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024