Jakarta (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang dan Jiangsu Normal University, salah satu perguruan tinggi di China, menandatangani kerja sama penelitian dan pendidikan. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama tersebut diadakan di Jiangsu pada awal pekan ini.

"Kerja sama internasional itu merupakan sebuah keharusan saat ini karena masalah-masalah global tidak dapat diselesaikan dalam satu negara sehingga kita harus melakukan berbagai kolaborasi untuk berkontribusi dalam menyelesaikan masalah tersebut lewat dua institusi pendidikan yang besar ini," ujar Rektor UIN Walisongo Semarang Nizar dalam pernyataannya.

Kerja sama itu mencakup kolaborasi penelitian, pertukaran dosen, beasiswa, dan program short course. Jiangsu Normal University akan menyediakan beasiswa bagi dosen, staf, dan alumni UIN Walisongo hingga strata pendidikan S3.

Sebaliknya, UIN Walisongo siap menyambut para perwakilan China yang berminat menuntut ilmu dan melakukan kegiatan kolaboratif.

UIN Walisongo Semarang mendorong dosen, staf, dan alumni untuk melakukan penelitian, pendidikan, dan pengabdian di luar negeri, termasuk ke China sebagai negara yang dianggap maju dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
COPYRIGHT © ANTARA 2024