Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Rumah Sakit Paru Rotinsulu dr. Sitti Nurun Nikmah mengatakan, terdapat sejumlah cara bagi pasien dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) untuk membersihkan paru-paru secara mandiri, salah satunya latihan teknik pernafasan.

Dalam "Ternyata Paru-Paru Bisa Dibersihkan" yang disiarkan oleh Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu, dia menjelaskan bahwa dengan latihan pernafasan, otot-otot saluran menjadi baik, sehingga ventilasi oksigen dan karbon dioksida pasien bagus. Dengan demikian secara tidak langsung pengeluaran dahak menjadi lebih baik.

Baca juga: Dokter sarankan cek kinerja jantung dan paru sebelum olahraga

"Mengapa kita harus latih latihan pernafasan diafragma? Karena otot diafragma itu otot inspirasi utama. Otot yang bekerja saat kita nafas itu yang utama. Dengan kita memperkuat otot diaphragma, otomatis kemampuan batuknya juga jadi lebih baik," kata Nikmah.

Menurut Nikmah, latihan teknik pernafasan dapat dikombinasikan tergantung kebutuhan pasien, misalnya teknik nafas terkontrol dan teknik nafas dalam. Dengan berlatih teknik bernafas dalam-dalam dapat meningkatkan volume udara yang masuk atau inspirasi, dan teknik bernafas terkontrol dapat memperbaiki pola pernafasan.

"Lalu baru latihan batuk. Huffing, dikumpulkan dahaknya, lalu coughing, dibatukkan," katanya.

Dia menambahkan, dalam pelatihan tersebut dapat diberitahukan mengenai drainase postural, yaitu cara mengeluarkan dahak dengan bantuan gravitasi. Sebagai contoh apabila dahak ada di lobus superior paru kanan, maka posisi kepala harus lebih rendah, misalnya dengan posisi Trendelenburg.

Setelah pasien diposisikan, dapat dibantu dikeluarkan dahaknya melalui sejumlah cara, contohnya teknik perkusi atau vibrasi, tergantung kondisi pasien.

Baca juga: PDPI sebut pemerintah wajib penuhi hak warga hirup udara bersih

"Kalau misalnya pasiennya otot dadanya besar dan dia cenderung lebih kuat, kita bisa lakukan clapping, dengan perkusi. Atau misalnya pada bayi, kalau bayi tidak mungkin kita tepuk-tepuk dengan kuat, jadi kita cukup vibrasi saja," katanya.

Selain latihan teknik bernafas, juga dapat diberikan latihan kebugaran jantung dan paru, agar otot-otot kedua organ tersebut tetap bugar, guna mendukung aktivitas dan pergerakan.

Dokter spesialis paru dr. Nina Eristiana menjelaskan bahwa pada orang normal, iritan dan kuman yang menyerang paru akan dibungkus dengan mukus atau dahak, kemudian dikeluarkan melalui batuk.

Namun, ujarnya, orang-orang dengan PPOK, seperti bronchiectasis atau fibrosis paru, terutama yang pernah tuberkulosis, struktur paru-parunya rusak, sehingga saat terinfeksi maka memproduksi banyak dahak. Oleh karena itu, mereka perlu diajarkan cara batuk yang efektif.

"Setelah di poli rehab, itu diajarkan bagaimana caranya mereka di rumah mempraktekkan. Karena obat-obatan itu sendiri hanya membantu mengencerkan dahak," kata Nina.

Baca juga: Praktisi kesehatan minta warga tak abai jaga diri saat udara buruk

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024