Kota Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menggelar Asia Africa Festival (AAF) pada tanggal 6-7 Juli 2024, sebagai kegiatan untuk merayakan keragaman budaya dan mengenang sejarah penting peristiwa Konferensi Asia Afrika (KAA).

“Peringatan ini harus menjadi kebanggaan bagi warga Bandung dan komunitas internasional, mengingat sejarah yang syarat dengan solidaritas dan perkembangan,” kata Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono di Bandung, Rabu.

Bambang mengatakan Asia Africa Festival 2024 ini akan memberi kontribusi positif terhadap perekonomian Kota Bandung, khususnya pada tingkat kunjungan wisatawan dan tingkat keterisian hotel.

“Dengan acara seperti Festival Asia Africa, Bandung dapat menarik lebih banyak wisatawan, meningkatkan ekonomi lokal, dan memperkuat citra kota sebagai destinasi wisata internasional,” katanya.

Menurutnya festival ini juga menjadi momentum untuk mempromosikan segala potensi yang ada di Kota Bandung dan akan digelar lebih meriah dengan menampilkan kuliner, fesyen, seni, dan budaya yang membanggakan.

“Mari kita sukseskan acara ini, buat bangga warga, dan bahagia bersama-sama,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung sekaligus menjadi panitia penyelenggara Asia Africa Festival, Arif menyampaikan bahwa persiapan pagelaran tersebut telah mencapai 80 persen.

“Tahun ini jumlah delegasi yang mendaftar lebih baik dari tahun sebelumnya. Saat 2023 hanya ada 15 delegasi negara saja, sedangkan tahun 2024 yang mendaftar sudah mencapai 18 negara,” kata Arif.

Dia menyampaikan pada tahun 2023, hampir 3.700 warga menghadiri acara ini, dan pada tahun 2024 jumlahnya diharapkan lebih besar.

“Dengan melibatkan 18 delegasi internasional dan membuka pendaftaran hingga 15 Juni 2024. Festival Asia Africa akan menjadi ajang besar yang melibatkan pemerintah pusat,” katanya.

Baca juga: Asia Africa Festival 2023 perkuat citra Indonesia yang cinta kedamaian
Baca juga: Kepala Museum: Asia Africa Festival jadi pengingat nilai-nilai KAA
Baca juga: Kota Bandung bawa spirit pulih dari pandemi pada Asia Africa Festival


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024