Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan bahwa sidang DPR dengan Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia ricuh. Judul dalam video tersebut juga menarasikan bahwa DPR mengungkap temuan uang 600 triliun di "Istana Jokowi".

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“SIDANG RICUH DPR BUNGK4M BAHLIL, DPR TEMUKAN UANG 600 TRILIUN DI ISTANA JKW”

Namun, benarkah DPR temukan 600 triliun di Istana Jokowi?

 

Unggahan yang menarasikan DPR temukan 600 triliun di Istana Jokowi. Faktanya, judul tidak sesuai dengan isi video. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video berdurasi 10 menit tersebut serupa dengan artikel di laman TVOne yang berjudul “Telak! Anggota PDIP Bungkam Bahlil yang Protes soal Anggaran Tahun 2025: Salah Tempat, Ini Ide Jokowi atau Prabowo?”. Dalam artikel tersebut, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang mengeluhkan soal anggaran tahun 2025.

Diketahui, anggaran yang didapat Kementerian Investasi/BKPM diturunkan nyaris setengahnya menjadi Rp681 miliar pada tahun 2025 dari yang sebelumnya Rp1,22 triliun di tahun 2024. Selain itu, realisasi investasi tahun 2025 juga dipatok sebesar Rp1.850 atau naik dari tahun ini yang hanya Rp1.650 triliun.

Sidang tersebut juga ditayangkan di YouTube DPR RI berjudul “BREAKING NEWS - KOMISI VI DPR RI RAKER DENGAN MENTERI INVESTASI/KEPALA BKPM RI”. Dengan deskripsi acara: RKP dan RKA-K/L Tahun Anggaran 2025; Evaluasi pelaksanaan anggaran TA 2023 dan realisasi anggaran Semester I Tahun 2024; dan lain-lain pada Selasa, 11 Juni 2024.

Anggota Fraksi PDIP tersebut juga menyarankan agar Bahlil menanyakan apakah pemangkasan anggaran sekaligus kenaikan target tersebut adalah ide Presiden Jokowi atau Presiden Terpilih Prabowo Subianto. 

“Ide untuk mengurangi anggaran dari Rp1,2 triliun menjadi hanya Rp681 miliar, apakah ini ide presiden sekarang atau ide presiden terpilih?” cecar Harris. 

Harris mengatakan bahwa pasti ada alasan mengapa anggaran Kementerian Investasi dikurangi sedemikian besar.

Dengan demikian, klaim DPR temukan Rp600 triliun di "Istana Jokowi" merupakan keliru. Dalam video tidak ada narasi penjelasan DPR temukan uang Rp600 triliun di "Istana Jokowi".

Klaim: DPR temukan Rp600 triliun di "Istana Jokowi"

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Jokowi bebaskan pajak WNA di IKN selama 120 tahun

Cek fakta: Disinformasi! Polisi berbahasa China untuk IKN

Baca juga: Menteri Bahlil sebut dapat target investasi Rp1.850 triliun

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © ANTARA 2024