Seoul (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin kembali menghadiahkan kendaraan mewah limusin Rusia kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada kesempatan pertemuan puncak mereka di Pyongyang, Korut.

Putin memberi Kim mobil Aurus baru dan satu set teh.

Kedua barang tersebut termasuk di antara banyak hadiah yang dipertukarkan antara kedua pemimpin tersebut, kantor berita Rusia TASS melaporkan pada Rabu, dengan mengutip penasihat kebijakan luar negeri Rusia Yury Ushakov.

Limusin itu merupakan mobil Aurus kedua yang dihadiahkan Putin kepada Kim. Korea Utara mengungkapkan pada Februari tahun ini bahwa Putin telah memberi Kim sebuah limusin Aurus sebagai hadiah.

Kim bersama Putin mengendarai Aurus pertama dari bandara Sunan ke Kumsusan Guest House setelah Putin tiba di ibu kota Korut itu pada Rabu pagi.

Foto-foto yang dirilis oleh media Rusia dan media asing lainnya menunjukkan Putin dan Kim bergiliran mengemudikan Aurus baru di sekitar wisma setelah melakukan pertemuan.

Memberikan kendaraan sebagai hadiah kepada Kim merupakan pelanggaran terhadap sanksi Dewan Keamanan PBB.

Berdasarkan Resolusi 2397 yang disahkan Dewan keamanan pada Desember 2017, pasokan, penjualan, dan pengiriman barang-barang mewah ke Korea Utara dilarang dilakukan. 
 

Sumber: Yonhap-OANA

Baca juga: Putin siapkan hubungan jangka panjang Rusia-Korut

Baca juga: Rusia dan Korut sepakat saling bantu kalau diserang


 

Kim Jong-un sebut hubungan dengan Rusia jadi prioritas

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2024