Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Shanghai Electric (SEHK:2727, SSE:601727) berpartisipasi dalam SNEC PV Power Expo 2024 dengan memamerkan sejumlah kemajuan dalam solusi tenaga surya, penyimpanan energi, dan hidrogen. Di ajang berdurasi tiga hari yang berlangsung mulai 13 Juni ini, dua anak usaha Shanghai Electric— Hency Solar dan Shanghai Electric Gotion—meneken kontrak kerja sama strategis dan meraih pesanan produk dari 14 pelaku industri ternama, termasuk PRANA, Tmall Energy B.V., dan NSR GmbH. Bersama perusahaan-perusahaan ini, Shanghai Electric akan mempercepat tingkat penggunaan teknologi energi terbarukan mutakhir, serta mempercepat transisi global menuju masa depan yang berkelanjutan.

Sistem hibrida juga hadir sebagai solusi energi baru potensial yang menjadi produk favorit mitra-mitra strategis Shanghai Electric. Di pameran ini, Hency Solar meresmikan kerja sama dengan China Energy Construction Group Jiangsu Power Design Institute dan Jiangsu Pengzhi Power untuk mengembangkan proyek energi terbarukan berkapasitas 400 MW dan 150 MW. Proyek ini akan terintegrasi dengan PLTB, PLTS, dan akuakultur. Dengan demikian, Shanghai Electric ikut membangun infrastruktur energi yang inovatif dan ramah lingkungan guna mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus memangkas jejak karbon.

Dengan tema "Smart Sunshine, Green Future", Shanghai Electric Power Station Group menampilkan sederet inovasi sebagai terobosan teknologi PLTS, PLTS-PLTPB, sistem penyimpanan multienergi, energi hidrogen, serta manajemen energi terdistribusikan yang didesain untuk dekarbonisasi.

Berikut produk-produk yang menarik perhatian di ajang tersebut:

  • Solusi PLTS Seri "Intellectual" dan "Edgeless": Panel surya pintar seri "Intellectual" terintegrasi dengan perangkat power electronic yang mengoptimalkan daya listrik MPPT, melakukan pemantauan, menjalankan safety shutdown, serta mengendalikan tegangan listrik. Maka, produk ini menjamin keamanan dengan lebih baik, menjaga reliabilitas, melakukan optimalisasi secara seketika (real-time), serta mempermudah aktivitas pemeliharaan. Seri "Edgeless" memiliki struktur unik yang menghadirkan fitur 360-degree self-cleaning untuk lingkungan berdebu dan bersalju akibat gravitasi dan curah hujan. Dengan sertifikasi TÜV SÜD, desain produk ini meningkatkan daya listrik yang dihasilkan berkisar 2-6% setiap tahun, jauh lebih besar ketimbang produk pesaing.
  • Inovasi sistem penyimpanan energi Shanghai Electric Gotion: Shanghai Electric menampilkan produk terkini berupa sistem komersial dan industri 215kWh berpendingin zat cair, serta sistem berpendingin zat cair ion-litium 5MWh dari seri "Elite Cool". Seri produk ini menggunakan sel baterai 314Ah dengan mekanisme proteksi kebakaran canggih yang mengoptimalkan efisiensi investasi, menghemat ruang, serta meningkatkan aspek keamanan. Sistem UNIQUE-ONE (U200), dirancang untuk aktivitas operasional grid-connected dan off-grid, dilengkapi desain single-row yang lebih ringkas dibandingkan produk double-row konvensional.
  • Platform baru alkaline electrolyzer dan uji coba seri "Z": Disertifikasi oleh TÜV Rheinland, sistem ini menghasilkan lompatan besar dari sisi kinerja dengan densitas arus di atas 10,000A/m2 dan konsumsi energi DC yang hemat, yakni 3,8kWh/Nm3 H2. Agar mampu memenuhi beragam ketentuan dalam pengetesan produk, platform ini dirancang dengan kemampuan pengetesan untuk material utama dan komponen inti electrolyzer, serta pilot test, dan full-scale test, bahkan mampu mencapai 2.000Nm3/h untuk alkaline electrolyzers, serta 300Nm3/h untuk proton exchange membrane electrolyzers.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024