London (ANTARA News) - Gelandang serang asal Spanyol Juan Mata melengkapi transfernya yang bernilai 37,1 juta pound dari Chelsea ke Manchester United pada Sabtu, setelah menyelesaikan pemeriksaan medis di kubu sang juara bertahan Inggris itu.

Menurut AFP,  United telah mengonfirmasi pada Jumat bahwa mereka telah menyetujui kesepakatan untuk merekrut pemain 25 tahun itu, yang akan memecahkan rekor transfer klub.

"Hari ini merupakan hari yang sangat membahagiakan... Ini adalah klub besar dan saya sangat bangga bisa berada di sini," kata Mata kepada manutd.com.

"Saya gembira bisa bergabung di sini. United merupakan tempat yang sempurna bagi saya."

Pelatih United, David Moyes, menyebut Mata sebagai "salah satu pengatur permainan terbaik di olahraga ini."

"Merupakan kepuasan nyata dapat merekrutnya," kata Moyes.

Kesepakatan itu melebihi jumlah 30,75 juta pound yang dibayarkan United kepada Tottenham Hotspur untuk mendatangkan penyerang asal Bulgaria Dimitar Berbatov pada 2008.

Mata diharapkan dapat langsung masuk tim saat United memainkan pertandingan kandang melawan Cardiff City di liga pada Selasa.

Perekrutannya merefleksikan tekad Moyes untuk menghentikan kemerosotan United sejak ia menggantikan Alex Ferguson sebagai pelatih pada akhir musim lalu.

United saat ini terpaut 14 angka dari pemuncak klasemen Arsenal di Liga Utama Inggris, dan telah tersingkir baik dari Piala FA dan Piala Liga Inggris pada bulan ini, meski mereka berhasil mencapai babak 16 besar Liga Champions.

Penyerang United Robin van Persie menyambut hangat kedatangan Mata, dengan menulis di Twitter, "Selamat datang Juan Mata, sampai bertemu pada Selasa."

Bek tengah Rio Ferdinand menulis melalui Twitternya, "Selamat datang teman saya @juanmata10! Mudah-mudahan Anda menikmati masa-masa Anda di sini dan membantu meneruskan kesuksesan di klub ini."

Mata akan bergabung dengan rekan senegaranya David de Gea di Old Trafford. Kiper United itu menyambut sesama pemain Spanyol itu dengan bergurau, dengan menulis di Twitter, "Selamat datang saudara saya @juanmata10 hanya satu hal... Bukan pemilik baju-baju terbaik!"

Sementara itu, laporan-laporan media Inggris pada Sabtu mengklaim bahwa United telah membuka pembicaraan dengan penyerang Wayne Rooney perihal kontrak baru.

Penyerang Inggris berusia 28 tahun itu memiliki 18 bulan tersisa pada kontraknya saat ini, dan dua kali menjadi subyek incaran Chelsea pada bursa transfer musim panas silam.

(H-RF)

Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2014