Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pemulihan layanan secara bertahap imbas gangguan pada Pusat Data Nasional (PDN) yang berdampak pada sejumlah layanan publik.

"Saat ini kami sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap," ujar Budi Arie dalam keterangannya kepada ANTARA, Kamis.

Budi Arie mengatakan bahwa dalam situasi ini, tim teknis sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat proses pemulihan layanan yang terdampak.

Baca juga: Dirjen: Gangguan sistem imigrasi akibat Pusat Data Nasional bermasalah

Baca juga: Kehadiran PLN Hub Perkuat Pusat Data Nasional di IKN


Diketahui, terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik. Salah satu layanan yang terdampak adalah keimigrasian.

Kantor Imigrasi Bandung dalam unggahannya di akun media sosial resmi X @kanimbandung menyatakan gangguan kesisteman pada PDN berdampak pada seluruh layanan keimigrasian.

"Sahabat Mido, saat ini sedang terjadi gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) sehingga berdampak pada seluruh layanan keimigrasian," tulis cuitan tersebut, Kamis.

PDN tidak hanya diperuntukkan bagi Direktorat Jenderal Imigrasi, tetapi juga pada pusat penyimpanan dan pengelolaan data milik seluruh instansi pemerintahan.

Baca juga: PDNS berbasis cloud telah tampung 400 institusi pemerintah

Baca juga: PDN IKN dirancang miliki kapasitas terbesar dibanding PDN lainnya

Baca juga: Apeksi: Pembangunan di daerah lebih akurat dengan Pusat Data Nasional


 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024