Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 200 pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mendonorkan darah dalam kegiatan sosial untuk menyambut HUT Ke-497 Jakarta.

"Kita adakan donor darah ini secara rutin tiap tahun menyambut HUT Jakarta yang bersinergi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan," kata Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Selatan, Sayid Ali di Jakarta, Kamis.

Aksi kemanusiaan ini berlangsung 19-20 Juni 2024 di Ruang Dirgantara, Kantor Wali Kota Jakarta Selatan (Jaksel).

Donor darah menyasar para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan.

"Darah yang didonorkan ini sangat berguna membantu sesama yang membutuhkan," ujarnya.

Ali mengingatkan kepada para pendonor agar menjaga kesehatan dan kebugarannya sehingga bisa melakukan aktivitas dan pekerjaan semakin optimal lagi.

Baca juga: Ratusan kantong darah disiapkan untuk sambut HUT DKI
Baca juga: Ratusan ASN Jaksel antusias peringati Hari Donor Darah Sedunia


Ketua PMI Jakarta Selatan, Abdul Haris mengatakan, donor darah memiliki tujuan utama untuk membantu menyediakan pasokan darah yang aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan medis.
 
"Darah dari pendonor kita bagi menjadi komponen-komponen seperti sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit darah, yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis," ujar Haris.
 
Selain pendonor yang datang langsung ke Unit Donor Darah PMI, PMI Jakarta Selatan juga melakukan jemput bola berkolaborasi dengan unsur terkait seperti jajaran pemerintah, pendidikan pihak swasta dan sebagainya.

Berdasarkan data PMI Jakarta Selatan pada 2023, pihaknya sudah melayani sebanyak 1.503 jiwa layanan klinik, 73 jiwa layanan ambulans serta 43.317 kantong donor darah.

Kemudian, PMI Jakarta Selatan juga telah membentuk Unit Palang Merah Remaja (PMR) di 311 sekolah.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024