Jakarta (ANTARA News) - Banyak investor dari sektor perhotelan berkelas dunia menyatakan minat dan akan mengekspansi bisnisnya di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Minggu.

"Beberapa investor dari sektor perhotelan yang sudah berada di Indonesia menyampaikan rencananya untuk melakukan ekspansi di Indonesia," kata menteri.

Bahkan, kata dia, salah satu hotel "chain" yang terkenal menyampaikan bahwa Indonesia masuk dalam negara top ten mereka.

Pihaknya mencatat saat ini Indonesia berada pada peringkat ketiga se-Asia dalam bidang pembangunan dan investasi perhotelan.

"Kalau untuk peringkat, Indonesia saat ini berada pada peringkat ketiga di Asia dalam hal pembangunan hotel, ini fakta bahwa kita diminati untuk tujuan investasi di bidang perhotelan," kata Mari Elka Pangestu.

Menurut dia, Indonesia sekaligus menjadi salah satu negara tujuan utama investasi untuk hotel dan restoran yang paling difavoritkan para investor.

Pihaknya memantau pada tahun 2012, total penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) untuk hotel dan restoran mencapai 869,8 juta dolar AS. Jumlah itu naik signifikan atau mencapai 210 persen dibandingkan pada tahun 2011.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014