Tangerang (ANTARA) - Pameran helikopter terbesar di Asia Tenggara, Heli Expo Asia (Hexia) yang akan digelar pada 26 hingga 30 Juni 2024 mendatang di Cengkareng Heliport, Tangerang, Banten bakal dihadiri lebih dari 21.000 pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Direktur Utama Hexia, T Iskandar Muda di Tangerang, Kamis mengatakan, berdasarkan data yang ada jumlah pengunjung yang sudah teregistrasi hampir 21.000 orang dari berbagai kalangan.

"Sekarang sudah hampir 21.000 pengunjung sudah melakukan registrasi untuk mengikuti pagelaran ini," katanya.

Menurut dia, pameran Hexia pada tahun ini menjadi ajang berkumpulnya berbagai pelaku industri penerbangan dari seluruh dunia, termasuk sekolah penerbangan dan manufaktur ternama seperti Bell Helicopters, Airbus Helicopters, dan Leonardo Helicopters.

"Begitu juga beberapa operator-operator penerbangan helikopter dalam dan luar negeri akan berkumpul pada ajang Hexia ini," ujarnya.

Ia mengatakan, Hexia kali ini lebih berfokus memperkenalkan dunia penerbangan, khususnya helikopter, kepada berbagai sektor industri bisnis baik dari dalam dan luar negeri.

"Namun, yang terjadi adalah expo ini tidak hanya diminati dari sektor industri, tetapi juga oleh keluarga, anak-anak, dan generasi muda yang ingin meniti karier di dunia penerbangan. Atas hal itu, Hexia memutuskan untuk di tahun ini kami ingin jangkauan expo ini dapat masuk ke berbagai sektor industri, keluarga, dan generasi muda," jelasnya.

Hexia 2024 akan mendatangkan sekitar 30 exhibitor. Di antaranya, yang berasal dari Singapore (Bruhat Project Logistics), Malaysia (Hammock Helicopter & Hammock Robotics), Dubai, UAE (Deinon Insurance Brokers LLC), Australia (Helitak Fire Fighting Equipment Pty Ltd, United Aero Helicopter) dan United States (Southern Cross Aviation, Hillsboro Aero Academy).

Pada pameran Heli Expo Asia juga akan dihadiri oleh pejabat asosiasi helikopter Australia (AHIA - Australian Helicopter Industry Association) akan membahas kemajuan Industri helikopter mutakhir dan Sustainable Aviation Fuel (SAF) serta meningkatkan kerja sama antar negara Indonesia dan Australia.

Selain itu, kata Iskandar, Badan dan Lembaga dari dalam negeri yang terlibat di antaranya, Kementerian Perhubungan, TNI Angkatan Udara, Badan nasional penanggulangan bencana, BASARNAS, INACA, KADIN, AirNav, Angkasa Pura II dan lembaga lembaga lainnya.

"Pameran HEXIA 2024 akan dibuka oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Bapak Budi Karya Sumadi. Pada tanggal 26 Juni 2024, Pukul 09.00 WIB di Cengkareng Heliport," ungkapnya.

Dengan visi yang lebih luas, Hexia tidak hanya menargetkan kalangan profesional tetapi juga masyarakat umum. Oleh karena itu, di samping pameran teknologi dan produk helikopter.

"Tahun ini Hexia akan menghadirkan HeliFest yang menawarkan beragam atraksi menarik yang dirancang untuk memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengunjung dari segala usia," tuturnya.

Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan pengalaman seru di Digital Oasis VR Experience, di mana mereka dapat merasakan sensasi mengendalikan helikopter melalui teknologi virtual reality.

Untuk para penggemar fotografi, tersedia Pengalaman Foto di Booth Majalah yang memungkinkan pengunjung mengambil foto dengan latar belakang dan properti yang dirancang khusus, sehingga mereka dapat merasakan sensasi menjadi seorang pilot atau teknisi helikopter.

Tidak ketinggalan, Cosplay Copter Trick Shot akan menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda, dengan penampilan cosplay karakter-karakter populer dari dunia penerbangan yang dipadukan dengan gaya foto yang menarik.

"Kesuksesan Hexia tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah, industri penerbangan, dan komunitas penerbangan," kata dia.

Baca juga: Pameran helikopter Heli Expo Asia digelar 26-30 Juni 2024
Baca juga: Produsen dan pemasok helikopter global bidik kerja sama dengan China
Baca juga: Helikopter H225M TNI AU dirakit di Bandung, MRO dikerjakan PT DI

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024