Tangerang (ANTARA) - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, melakukan pembaharuan akses atau lokasi parkir kendaraan pribadi di Terminal 3 untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para penumpangnya.

Dalam hal ini, pengelola Bandara Soetta telah menyediakan dua area parkir utama, yaitu Parkir Barat T3 dan Parkir Timur T3, yang dirancang untuk mengakomodasi sejumlah kendaraan.

"Area parkir di Terminal 3 telah dirancang untuk mengakomodasi sejumlah kendaraan dengan total kapasitas yang memadai. Parkir Timur T3 memiliki kapasitas 1.214 kendaraan, sedangkan Parkir Barat T3 dapat menampung hingga 2.553 kendaraan (roda 4 & roda 2)," kata Senior Manager of Branch Communication & Legal, M. Holik Muardi di Tangerang, Kamis.

Menurutnya, bandara Soetta sebagai salah satu bandara tersibuk di Asia Tenggara yang memiliki 3 Terminal ini harus mempersiapkan dan menyediakan pengalaman parkir yang efisien dan bebas hambatan bagi para penumpang yang membawa kendaraan pribadi semakin diutamakan.

Oleh karena itu, pihaknya akan memberikan panduan untuk memastikan setiap penumpang dapat dengan mudah menemukan tempat parkir yang sesuai dan mengakses terminal dengan lancar.

Salah satunya, seperti akses menuju parkir Terminal 3 dari arah Jakarta akan diarahkan menuju gerbang utama Terminal 3. Ikuti petunjuk yang tersedia untuk mempermudah akses ke area parkir yang sesuai dengan kebutuhan calon penumpang.

Parkir Timur T3, bisa masuk melalui gerbang utama Terminal 3, kemudian ambil jalur kiri (Jl. C1) setelah gerbang utama kemudian naik flyover menuju keberangkatan Terminal 3, dan selanjutnya ambil jalur kanan turun menuju Parkir Timur T3. Ikuti rambu-rambu yang mengarahkan Anda menuju area Parkir Timur T3.

"Parkir Timur T3 ini sebelumnya dikenal dengan sebutan Parkir Domestik T3, namun kini menjadi Parkir Timur T3 untuk mengakomodasi kebutuhan semua penumpang baik domestik maupun internasional," ungkapnya.

Holik menjelaskan, untuk parkir barat T3, bisa masuk melalui gerbang utama Terminal 3, selanjutnya ambil jalur kanan (Jl. C1) setelah gerbang utama dan ikuti rambu-rambu menuju (Kargo/Perkantoran) hingga bundaran patung Soekarno & Hatta. Setelah melewati bundaran patung Soekarno & Hatta, ikuti petunjuk menuju area Parkir Barat T3 pada belokan ketiga.

"Dahulu area parkir ini dikenal sebagai Parkir Internasional T3, kini Parkir Barat T3 terbuka untuk semua penumpang yang membutuhkan fasilitas parkir di Terminal 3," tuturnya.

Dengan perubahan nama ini, Bandara Soekarno-Hatta berharap dapat memberikan kejelasan dan kemudahan bagi semua penumpang. Kini, tidak ada lagi pemisahan antara parkir domestik dan internasional di Terminal 3, sehingga penumpang dapat dengan mudah memilih area parkir yang paling dekat dengan titik tujuan mereka.

"Pengaturan jalur area parkir ini merupakan langkah kami untuk meningkatkan layanan dan memudahkan penumpang dalam mengakses fasilitas di Terminal 3. Perubahan nama menjadi Parkir Barat T3 & Parkir Timur T3 bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan semua penumpang baik yang berangkat tujuan domestik maupun internasional dapat memarkirkan kendaraannya di area yang tersedia. Kami berharap penumpang dapat merasakan manfaat dari perubahan ini," kata dia.

Baca juga: TransJakarta perpanjang waktu pelayanan Kalideres-Bandara Soetta
Baca juga: Pemindahan layanan transportasi di Soetta untuk cegah penumpukan

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2024