Jakarta (ANTARA) - Operator Liga Indonesia PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memastikan Piala Indonesia tidak bergulir musim depan.

Direktur PT LIB Ferry Paulus mengatakan fokus PT LIB saat ini adalah melakukan pembenahan kompetisi Liga Indonesia sehingga sejumlah turnamen seperti Piala Indonesia tidak akan dilangsungkan pada musim 2024/2025.

"Kita harus perbaiki dulu produk Liga Indonesia ini supaya pada waktu Liga Indonesia sudah bagus, baru musim berikutnya ada Piala Indonesia, ada piala-piala yang lain barangkali yang akan masuk ya itu berikutnya," kata Ferry Paulus kepada pewarta, Kamis.

Liga Indonesia musim 2024/2025 akan bergulir mulai 9 Agustus dengan mempertemukan jawara Liga 1 2023/2024 Persib Bandung menghadapi jawara Liga 2 2023/2024 PSBS Biak pada pertandingan pembuka yang berlangsung di Bandung.

Ferry Paulus memastikan bahwa format kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 tak akan menggunakan format Championship Series karena format tersebut memerlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan format liga.

Selain itu PT LIB juga mempertimbangkan sinkronisasi antara kalender Liga yang harus disesuaikan dengan kalender tim nasional Indonesia agar tidak terjadi bentrokan jadwal sehingga menyebabkan penghentian liga secara mendadak.

Baca juga: Liga 1 musim 2024/2025 tak gunakan format Championship Series

"Sebenarnya bukan tidak baik ya, ini banyak slot kebutuhan tim nasional yang harus dipenuhi...Ini kita memang memberi ruang kepada tim nasional untuk bisa memanfaatkan pemusatan latihan yang sifatnya yang dibutuhkan oleh Badan Tim Nasional," kata Ferry Paulus.

"Supaya tidak lagi ada penghentian (kompetisi) di tengah jalan. Kita sudah bikin road map sampai dengan 2027 jadi tidak ada lagi penghentian di tengah, itu sudah ditetapkan semua kapan mau istirahat..kalau menggunakan Championship Series lagi maka ini akan mundur jauh," imbuh Ferry Paulus.

Terakhir kali turnamen Piala Indonesia digelar adalah pada musim 2018/2019 di mana PSM Makassar keluar sebagai jawaranya.

Piala Indonesia merupakan turnamen tahunan yang diselenggarakan oleh PSSI. Sejak pertama kali digelar pada 2005, Sriwijaya FC menjadi klub tersukses yang memboyong Piala Indonesia dengan merengkuh tiga kali gelar.

Baca juga: PSSI pastikan PT LIB sudah sinkronisasi jadwal liga dengan timnas
Baca juga: Pertandingan Persib lawan PSBS Biak jadi laga pembuka Liga 1 2024/2025

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024