Jakarta (ANTARA) - Kapal perang India INS Saryu P54 sandar di Belawan, Sumatera Utara, Kamis, dalam rangka kunjungan persahabatan ke wilayah perairan Indonesia untuk memperkuat hubungan baik antara TNI AL dan Angkatan Laut India.

Di Dermaga Pelindo 104 Belawan, kedatangan kapal patroli lepas pantai India itu disambut oleh jajaran prajurit TNI Angkatan Laut dari Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan.

"Atas nama Angkatan Laut Indonesia, saya ucapkan selamat datang dan selamat atas kunjungan anda ke Medan. Suatu kehormatan kami menerima kapal perang anda yang indah. Semoga kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan dan kerja sama antara Angkatan Laut Indonesia dan India," kata Wakil Komandan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo membacakan amanat Komandan Lantamal I Brigjen TNI Marinir Jasiman Purba saat upacara penyambutan di Belawan, Kamis.

Dalam acara itu, sebagaimana disiarkan oleh Dinas Penerangan Lantamal I yang dikonfirmasi di Jakarta, TNI AL menggelar merplug, yaitu tradisi menyambut kapal yang tiba. Tradisi itu merupakan bagian dari penghormatan kepada kapal yang masuk wilayah perairan Indonesia.

Kemudian, para pengawak INS Saryu P54 juga menyaksikan ragam pertunjukan dari jajaran prajurit Lantamal I mulai dari musik sampai tarian tradisional.

"Kami akan mendukung dan menyambut baik kunjungan Angkatan Laut India dalam rangka memperingati Hari Yoga Internasional 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saya berharap anda menikmati kunjungan anda," kata Wakil Komandan Lantamal I membacakan amanat Danlantamal I.

Baca juga: Wakil Gubernur Bali hadiri jamuan di kapal perang India INS Sumedha

Baca juga: Empat kapal perang India tiba di Jakarta


Usai acara penyambutan itu, komandan kapal dan para perwira Angkatan Laut India lanjut bertemu dengan sejumlah pejabat TNI AL dari Lantamal I di Markas Komando Lantamal I Belawan. Dalam pertemuan itu, ada juga Konsul Jenderal India Vipul Sharma dan Atase Pertahanan India Capt. (Navy) Shiv Kumar.

TNI AL dan Angkatan Laut India rutin menggelar latihan bersama, patroli terkoordinasi, dan kunjungan persahabatan (port visit) mengingat dua negara berbagi kawasan perairan sepanjang kurang lebih 300 mil laut di Selat Malaka dan Laut Andaman. Dua perairan itu merupakan jalur utama pelayaran termasuk untuk kapal-kapal niaga.

TNI AL dan Angkatan Laut India bulan lalu berpatroli bersama di perairan sepanjang perbatasan dua negara di Selat Malaka yang dikemas dalam kegiatan Patroli Terkoordinasi (Patkor) India-Indonesia (Indindo) Ke-42.

TNI AL dalam patroli terkoordinasi itu mengerahkan korvet Kelas Parchim-nya KRI Sultan Thaha Saifuddin-376 dari Satuan Kapal Eskorta Komando Armada I dan pesawat CN 235-220 MPA P-8305, sementara Angkatan Laut India mengerahkan korvet Kelas Kora, yaitu INS Kulis-P63 dan INS Chetlat-T70, serta satu kapal serbu cepat.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024