Jakarta (ANTARA) - Tim panahan Indonesia menyegel dua tiket tambahan Olimpiade Paris 2024 dari perebutan sisa tiket berdasarkan kuota rangking dunia.

Kepastian tersebut diperoleh karena perolehan poin beregu recurve putri sudah tidak dikejar tim lain usai babak eliminasi pada ajang Hyundai Archery World Cup Stage (AWCS) 3 di Antalya, Turki, Kamis (20/6).

"Kita patut bersyukur karena kegigihan tim beregu recurve putri Indonesia yang kembali membuka lebar peluang Indonesia untuk mendapatkan medali di Olimpiade Paris. Dengan dua tiket ini, Panahan Indonesia dapat berlaga di kategori individu putra dan putri, beregu putri, dan beregu campuran (mixed) pada Olimpiade Paris nanti,” ujar Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid dilansir dari keterangan resmi Perpani, Kamis.

Beregu recurve putri Indonesia kini menempati peringkat kesembilan dunia dengan total 179,5 poin. Total poin tersebut diperoleh dari keikutsertaan beregu recurve putri di ajang AWCS 1 2024 yang berlangsung di Yecheon, Korea Selatan lalu AWCS 2 2024 yang digelar di Shanghai, China lalu World Cup Championship 2023 di Berlin, Jerman, dan AWCS 3 2024 di Shanghai, China. Keempat turnamen tersebut merupakan event resmi yang masuk pada perhitungan poin menuju Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: PB Perpani targetkan dua tiket Olimpiade dari Archery World Cup

Pada AWCS 1 dan 2, tim beregu recurve putri Indonesia menempati peringkat keempat dan mendapat total 48 poin untuk masing-masing turnamen. Sementara itu, pada Kejuaraan Dunia Panahan di Berlin, Indonesia finis di peringkat 6 dan mendapatkan 47,5 poin, sedangkan di AWCS 3 Shanghai, Indonesia finis di peringkat ke-4 dengan perolehan 36 poin.

Pesaing terdekat Indonesia dalam perebutan tiket melalui jalur kuota rangking dunia beregu yakni tim beregu recurve putri Jepang. Namun, tim Srikandi yang kini menyabet juara ketiga di AWCS 3 di Antalya secara matematis perolehan poinnya tak dapat dikejar oleh Jepang.

Kuota rangking dunia hanya menyisakan dua kota yang ditentukan berdasarkan peringkat akhir tertinggi. Sementara itu, peringkat satu hingga tujuh beregu recurve putri dunia yang berada di atas Indonesia sudah mengantongi tiket Olimpiade Paris 2024 terlebih dahulu.

Dengan hasil pertandingan terakhir kualifikasi di Antalya, India dan Indonesia berhak atas tiket beregu putri. Pasalnya, peringkat India dan Indonesia yang berurutan menempati peringkat delapan dan sembilan adalah yang tertinggi dan sudah tidak dapat dikejar negara lain.


Baca juga: Tim panahan putri kejar tiket Olimpiade lewat kualifikasi di Turki
Baca juga: Arif Dwi Pangestu pastikan satu tiket panahan ke Olimpiade Paris

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024