Jakarta (ANTARA) - Pemerintah AS mengumumkan bahwa mereka melarang penjualan antivirus Kaspersky di negara tersebut, dan meminta warga Amerika yang menggunakan perangkat lunak tersebut untuk beralih ke penyedia lain karena adanya risiko keamanan.

Biro Industri dan Keamanan Departemen Perdagangan AS mengatakan pihaknya memberlakukan larangan “yang pertama kali dilakukan”, dengan alasan bahwa Kaspersky mengancam keamanan nasional AS dan privasi pengguna karena perusahaan tersebut berbasis di Rusia.

“Rusia telah menunjukkan kapasitasnya, dan bahkan lebih dari itu, niatnya untuk mengeksploitasi perusahaan-perusahaan Rusia seperti Kaspersky untuk mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi orang Amerika sebagai senjata. Dan itulah mengapa kami terpaksa mengambil tindakan yang kami ambil hari ini,” kata Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dalam panggilan telepon dengan wartawan.

Baca juga: Kenali lima modus rekayasa sosial agar terhindar penipuan online

Berita tentang larangan tersebut pertama kali dilaporkan oleh Reuters sebelum pengumuman tersebut. Juru bicara Kaspersky tidak segera menanggapi permintaan komentar dari TechCrunch.

Kaspersky akan dilarang menjual perangkat lunaknya kepada konsumen dan bisnis Amerika mulai tanggal 20 Juli, namun perusahaan akan dapat memberikan pembaruan perangkat lunak dan keamanan kepada pelanggan yang sudah ada hingga tanggal 29 September.

Setelah itu, Kaspersky tidak lagi diizinkan untuk melakukan pembaruan perangkat lunak kepada pelanggan AS, menurut Raimondo.

Baca juga: Kaspersky ungkap penipuan eksploitasi popularitas rilis film terkini

“Itu berarti perangkat lunak dan layanan Anda akan menurun. Itu sebabnya saya sangat menyarankan Anda segera mencari alternatif pengganti Kaspersky,” kata Raimondo.

Raimondo mengatakan konsumen AS yang sudah menggunakan antivirus Kaspersky tidak melanggar hukum.

"Individu dan bisnis AS yang terus menggunakan atau memiliki produk dan layanan Kaspersky yang ada tidak melanggar hukum, Anda tidak melakukan kesalahan dan Anda tidak dikenai hukuman pidana atau perdata," kata Raimondo.

Baca juga: Ganti ponsel baru, jangan lupa hapus WiFi gawai lama

"Namun, saya akan mendorong Anda dengan sangat kuat untuk segera berhenti menggunakan perangkat lunak itu dan beralih ke alternatif untuk melindungi diri Anda, data Anda, dan keluarga Anda," sambung dia.

Untuk memberikan informasi kepada konsumen, Raimondo mengatakan Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Departemen Kehakiman akan berupaya untuk memberi tahu konsumen AS, dan pemerintah AS akan membuat situs web.

"Sehingga orang-orang yang terkena dampak dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan untuk memahami mengapa kami melakukan apa yang kami lakukan, dan membantu mereka mengambil langkah selanjutnya," kata dia.

Seorang pejabat senior Departemen Perdagangan AS mengatakan selama konferensi pers bahwa badan keamanan siber federal CISA akan melakukan penjangkauan terhadap organisasi infrastruktur penting yang menggunakan perangkat lunak Kaspersky dalam operasi mereka untuk membantu mereka menemukan alternatif.

Pejabat tersebut juga mengatakan bahwa mereka tidak berencana menyebutkan tindakan spesifik apa pun yang dilakukan Kaspersky yang mengarah pada keputusan hari ini.

Baca juga: Tiga alasan perlunya perlindungan keamanan ponsel

Larangan yang diumumkan pada Kamis (20/6) ini merupakan peningkatan terbaru dalam serangkaian tindakan panjang pemerintah AS terhadap Kaspersky yang berkantor pusat di Moskow.

Pada bulan September 2017, pemerintahan Donald Trump melarang lembaga federal AS menggunakan perangkat lunak Kaspersky karena khawatir perusahaan tersebut akan terpaksa membantu badan intelijen Rusia.

Awal tahun ini, dilaporkan bahwa peretas pemerintah Rusia telah mencuri dokumen rahasia AS yang disimpan di komputer rumah kontraktor intelijen karena komputer tersebut menjalankan antivirus Kaspersky, yang menandai insiden spionase pertama yang diketahui akibat penggunaan perangkat lunak perusahaan tersebut.

Keputusan untuk melarang Kaspersky telah dilakukan sejak tahun lalu, menurut laporan The Wall Street Journal pada April 2023.

Menurut Kaspersky, perusahaan ini memiliki lebih dari 400 juta pelanggan individu, dan lebih dari 240.000 pelanggan korporat di seluruh dunia.

Pejabat senior tersebut menolak untuk mengatakan berapa banyak pelanggan Kaspersky di AS, namun mengatakan bahwa ada sejumlah besar pelanggan, termasuk organisasi infrastruktur penting, serta entitas pemerintah negara bagian dan lokal. Demikian disiarkan TechCrunch, Kamis (20/6).

Baca juga: Kaspersky ungkap penipuan eksploitasi popularitas rilis film terkini

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024