Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan bazar produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai komitmen mengembangkan bisnis olahan herbal dalam negeri.

"Herb Euphoria Fest 2024" menghadirkan lebih dari 100 produk olahan herbal dari 90 UMKM binaan dari beberapa BUMN yakni Perum Perhutani, PT Bank Mandiri Tbk, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Adhi Karya Tbk dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen Kementerian BUMN bersama-sama dengan perusahaan BUMN dalam mendukung pengembangan UMKM, khususnya UMKM binaan BUMN yang bergerak dalam usaha herbal khas nusantara" ujar Staf Ahli Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Loto menyampaikan kegiatan tersebut merupakan bagian dari Bazar UMKM untuk Indonesia 2024. Sepanjang 2024, Kementerian BUMN menjadwalkan 13 Bazar UMKM Untuk Indonesia yang diselenggarakan di delapan kota besar di Indonesia, yaitu di Jakarta, Bandung, Medan, Bali, Balikpapan, Jayapura, Makassar dan Labuan Bajo.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perhutani Dewi Fitrianingrum mengatakan Perhutani telah berkomitmen mendukung UMKM terutama yang dikelola oleh Masyarakat Desa Hutan (MDH).

Baca juga: Pelindo raih BUMN penyelenggara bazar terbaik di Bazar UMKM 2023

Perhutani menghadirkan 19 UMKM yang menghasilkan produk olahan herbal dan menariknya, bahan-bahan yang dipakai merupakan hasil hutan yang dikerjasamakan dengan MDH.

"Kami berharap Perhutani serta BUMN lain dapat memberikan edukasi mengenai kekayaan herbal nusantara dan mendorong gaya hidup sehat secara alami, khususnya pada generasi muda Indonesia. Selain itu, juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar hutan," kata Dewi.

Selain berbagai produk herbal, terdapat acara diskusi herbal, kreatif workshop, kompetisi racik jamu, pawai herbal, konsultasi bisnis, dan lainnya. Herb Euphoria Fest 2024 akan berlangsung selama tiga hari yakni pada 20-23 Juni 2024 dan Living World Denpasar, Bali pada 27-30 Juni 2024.

Baca juga: Sebanyak 82 UMK binaan Pelindo ikuti Bazar UMKM untuk Indonesia

Baca juga: Nilai transaksi Bazar UMKM Kementerian BUMN capai Rp28,3 miliar

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024