Kota Gorontalo (ANTARA) - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II, UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo mengembangkan minat dan bakat anak binaan dengan menggelar pelatihan seni alat musik modern di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kepala Seksi Pembinaan LPKA Gorontalo Hasna Katili di Gorontalo, Jumat, mengatakan pelatihan tersebut dilakukan selama tiga hari, pada 19-21 Juni 2024.

Baca juga: Dirjen HAM kunjungi UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi Gorontalo

"LPKA Gorontalo yang mempunyai tugas melaksanakan pembinaan anak binaan pemasyarakatan menyelenggarakan salah satu fungsi berupa kegiatan pembinaan kepribadian," ucap Hasna.

Ia menjelaskan melalui pelatihan itu pihaknya ingin membentuk anak binaan menjadi pribadi yang baik, menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana, sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat.

"Kita ingin mereka dapat aktif berperan dalam pembangunan, dan dapat hidup secara wajar, mandiri, dan berdaya guna," kata dia.

Pelatihan seni musik modern, seperti alat akustik dan lainnya tersebut menghadirkan instruktur dari sanggar seni Mopotuwawu Gorontalo dan diikuti oleh 13 anak binaan pemasyarakatan.

Hasna berharap dengan adanya kegiatan itu, para peserta dapat mengenal seni, meningkatkan apresiasi terhadap seni, meningkatkan kualitas pelaksanaan pembinaan, serta menjadi sarana evaluasi keberhasilan program pembinaan terhadap anak binaan pemasyarakatan.

Baca juga: LPKA Palu fasilitasi kunjungan khusus Lebaran 2024 bagi anak binaan

Baca juga: 20 anak binaan di Jambi diusulkan dapat remisi hari kemerdekaan RI

 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024