Jakarta (ANTARA) - Pemengaruh kecantikan Tasya Farasya mendukung kampanye penggunaan produk kosmetik yang telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dalam acara BPOM Bestie's Day di Jakarta, Jumat, dia mengemukakan pentingnya kegiatan edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya menggunakan produk kosmetik dan produk perawatan kecantikan yang sudah dipastikan aman oleh BPOM.

"Dengan adanya acara-acara seperti ini mata kita semakin terbuka dan edukasinya semakin tersebar, supaya kita juga mengonsumsi dan menggunakan produk-produk yang memang sudah aman dan sudah lulus uji BPOM," katanya.

Ia menyarankan konsumen berhati-hati dalam memilih produk perawatan kecantikan dan kosmetik serta memastikan produk yang akan dibeli atau digunakan sudah mendapat izin edar dari BPOM.

Menurut dia, saat ini banyak produk perawatan kecantikan dan kosmetik buatan dalam negeri yang berkualitas dan sudah dipastikan aman berdasarkan hasil pemeriksaan BPOM.

"Sebenarnya produk-produk lokal sudah banyak sekali yang bagus, aman, dan terpercaya. Jadi, kenapa enggak kita menggunakan produk-produk yang aman dan terpercaya yang bagus dan sesuai jenis kulit kita?" katanya.

Tasya juga mengajak penyuka dan pemengaruh kecantikan menyebarluaskan informasi yang benar tentang produk perawatan kulit kepada khalayak.

"Semoga dengan adanya beauty reviewer itu bisa membantu banyak orang untuk memilih produk yang tepat, yang sudah disesuaikan dengan uji BPOM," katanya.

Baca juga: BPOM gandeng penggemar kecantikan bangun literasi kosmetik aman
Baca juga: BPOM paparkan mekanisme pengawasan bahan halal dalam produk kosmetik


Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM Mohamad Kashuri mengatakan bahwa BPOM melakukan pengawasan untuk memastikan keamanan produk yang beredar di pasaran.

Menurut dia, upaya pengawasan BPOM mencakup proses produksi yang dijalankan oleh produsen hingga peredaran produk di pasaran.

Selain itu, ia melanjutkan, BPOM menyediakan kanal pengaduan bagi konsumen dan menjalankan kegiatan untuk meningkatkan literasi masyarakat mengenai produk kosmetik yang aman dan bermutu.

"Pastikan kosmetik yang digunakan adalah kosmetik yang aman dan bermutu," Kashuri.

Baca juga: Tasya Farasya lakukan "double cleansing" agar kulit bersih
Baca juga: Tasya Farasya gandeng desainer Tex Saverio luncurkan eyeshadow palette

 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2024