Jakarta (ANTARA) - BUMN pengelola Sirkuit Mandalika PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) mengemukakan, Sirkuit Mandalika sudah terisi dengan berbagai acara dengan total hingga 240 hari dalam satu tahun.

"Sirkuit Mandalika saat ini pemanfaatan sudah 240 hari dalam setahun, ini suatu prestasi berkat kerja sama tim bersama ITDC menjadikan sirkuit ini sebagai bagian destinasi utama," ujar Direktur Utama InJourney Dony Oskaria dalam acara Media Briefing Asia Road Racing Championship (ARRC) dan Pertamina Grand Prix of Indonesia-Indonesia GP (Motto GP 2024) di Jakarta, Jumat.

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan progres pemanfaatan kawasan Sirkuit Mandalika di Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi wisata dan acara olahraga (sport tourisme).

Baca juga: ITDC: Sirkuit Mandalika gelar 122 acara otomotif sepanjang 2024

Oskaria mengatakan, selama ini, banyak pihak menganggap Sirkuit Mandalika yang sudah dibangun dengan mega tidak dimanfaatkan secara optimal.

Namun, kata dia, memiliki lintasan sepanjang 4.31km dengan 17 tikungan itu saat ini sudah diisi dengan berbagai acara besar selain ajang balapan Motto GP.

"Termasuk pada bulan lalu ada dari Ferrari, Ducati, yang luar biasa juga digelar di sana," ujarnya.

Baca juga: Sirkuit Mandalika lokasi Ducati Riding Experience 2024

Oskaria menyebutkan, penataan infrastruktur pendukung juga dilakukan salah satunya akan membangun garasi sebagai tempat parkir mobil-mobil balap.

"Kami akan bangun luxury garage yang groudbreaking akan dilakukan bulan depan," pungkasnya.

Ia menambahkan, pihaknya terus mengoptimalkan pemanfaatan kawasan Sirkuit Mandalika untuk acara-acara besar olahraga sekaligus menjadikannya destinasi untuk kemajuan pariwisata nasional, terutama di Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: ITDC bangun Museum MotoGP di KEK Mandalika
Baca juga: Sirkuit Mandalika jadi tuan rumah ajang mobil sport Jepang 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024