Jakarta (ANTARA) - Pelatih Argentina Lionel Scaloni kecewa dengan penyelenggara Copa Amerika yang mengizinkan penggunaan rumput sintetis di Stadion Mercedes-Benz, Atlanta, Amerika Serikat yang digunakan pada laga pembuka melawan Kanada pada Jumat WIB.

Argentina menang 2-0 atas Kanada melalui gol Julian Alvarez dan Lautaro Martinez. Namun Scaloni merasa tidak puas dengan penampilan timnya di atas rumput sintetis yang menurutnya "tidak cocok untuk pertandingan turnamen besar."

"Untungnya kami menang, jika tidak, maka akan menjadi alasan murahan untuk duduk di sini dan mengeluhkan hal ini," kata Scaloni sebagaimana diwartakan AFP pada Jumat.

Baca juga: Alvarez dan Lautaro antar Argentina buka Copa America dengan tiga poin

Rumput di Stadion Mercedes-Benz yang menjadi markas klub Major League Soccer (MLS) Atlanta United memang menggunakan rumput sintetis. Namun rumput sintetis itu berada di lapisan bawah, sedangkan di atasnya tetap menggunakan rumput dengan lapisan tanah.

Pihak penyelenggara sudah memasang lapisan rumput itu sejak 15 Juni, atau satu hari setelah Atlanta United memainkan pertandingan kandang terakhir.

Kendati demikian, Scaloni menilai permukaan rumput itu tidak cocok untuk sebagian besar pesepak bola, bahkan menyulitkan pemain untuk menjalankan taktik.

"Itu tidak bagus untuk tontonan. Maaf, ini bukan alasan, tapi ini seperti bukan lapangan (sepak bola)," keluh Scaloni. "Sejujurnya itu tidak bagus. Tidak cocok untuk pemain," kata dia.

“Mereka tidak merasa percaya diri dengan kondisi lapangan yang buruk, mereka tidak bisa memberikan umpan-umpan yang mereka inginkan," kata mantan pemain Deportivo La Coruna dan Lazio itu.
Lautaro Martinez dari Argentina melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua tim bersama Lionel Messi dari Argentina pada pertandingan grup A CONMEBOL Copa America antara Argentina dan Kanada di Stadion Mercedes-Benz pada Kamis (20/6/2024) di Atlanta, Georgia. (ANTARA/Hector Vivas/Getty Images/AFP)
Baca juga: Lionel Messi pecahkan rekor caps terbanyak di Copa America

“Mengingat kondisi lapangan yang buruk, tidak banyak yang bisa kami lakukan,” kata dia.

Kiper Argentina Emiliano Martinez juga kecewa dengan kondisi lapangan yang membuat pergerakan bola seperti "terombang-ambing".

"Di lapangan yang penuh bencana, membuat kami agak kesulitan,” kata Emiliano Martinez.

Argentina tergabung di Grup A Copa Amerika bersama Kanada, Chile dan Peru.

Baca juga: Eder Militao siap bela Brazil setelah pulih dari ACL
Baca juga: Edinson Cavani mundur dari timnas Uruguay

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024