Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia  London mendorong diplomasi kebudayaan Indonesia dengan mendukung penampilan band wanita berhijab asal Tanah Air, Voice of Baceprot  di panggung Glastonbury Festival 2024, Somerset, Inggris pada 28 Juni mendatang.

“Tentu saja KBRI London dan saya mendukung keikutsertaan mereka dan juga mendorong upaya promosi industri musik Indonesia di Inggris dan ini adalah bentuk soft diplomasi,” kata Dubes RI untuk Inggris Desra Percaya melalui konferensi pers daring, Jumat.

Desra menjelaskan bahwa Voice of Baceprot dengan aliran musik metal progresif yang terdiri dari Marsyq sebagai vokalis, Widi sebagai bassist, dan Siti sebagai drummer, merupakan band pertama asal Indonesia yang mendapat kesempatan untuk tampil pada festival musik bergengsi bersamaan dengan musisi internasional.

“Perlu dicatat Glastonbury 2024 bersama musisi ternama dunia antara lain seperti Coldplay dan Dua Lipa. Jadi Coldplay dan Dua Lipa akan manggung,” ucapnya.

KBRI London, lanjut dia, akan memberi dukungan kegiatan selama Voice of Baceprot (VoB) berada di Inggris, baik berupa dukungan logistik, promosi, desiminasi, dan keperluan lainnya.

“VoB, mereka inilah yang betul-betul sebagai Duta Besar Indonesia dan ini tentu saja misi mereka akan mengharumkan nama Indonesia Inggris. Sekali lagi selamat kepada VoB, InsyaAllah lancar semuanya persiapan perjalanan dan turnya, kembali ke Indonesia,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, vokalis VoB, Marsya, menyampaikan bahwa band yang sudah terbentuk sejak 2014 itu mendapat kesempatan untuk tampil di satu dari panggung Glastonbury Festival dengan durasi 30-45 menit.

Bertepatan dengan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Inggris, band asal Garut, awa Barat itu memastikan akan mengangkat kebudayaan Indonesia lewat musik dengan memasukkan beberapa unsur nada-nada Sunda.

Sedangkan kostum panggung didesain menggabungkan unsur modern dan unsur budaya berupa beberapa kain yang berasal beberapa daerah di Indonesia dan memiliki corak peta Indonesia dengan warna yang cantik.

“Lagu yang akan dibawakan yang pasti lagu favoritnya pendengar VoB, 'God Allow Me (Please) to Play Music'. Kemudian ada satu 'Mighty Island' dan satu lagi yang selalu menjadi pembuka yaitu 'Not Public Property', ” ungkap Marsya.

Baca juga: Indonesia Investment Forum 2023 jaring minat investor Inggris
Baca juga: KBRI London tampilkan kehangatan komunitas Indonesia di Pasar Rakyat
Baca juga: KBRI London gelar Indonesian Night yang dihadiri 1.700 penonton

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024