Jakarta (ANTARA) - Beberapa pemberitaan humaniora mendapatkan perhatian pembaca pada Jumat (21/6), termasuk pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang terdampak gangguan layanan Pusat Data Nasional.

Terdapat pula berita mengenai Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan bantuan modal usaha dan tempat tinggal kepada pemulung, pengetatan surveilans hadapi risiko flu burung dan informasi haji terbaru terkait dimulainya proses pemulangan jamaah Indonesia.

Simak beragam berita humaniora kemarin yang masih menarik dibaca hari ini:


1. Pusat Data Nasional terganggu berdampak ke imigrasi hingga PPDB Dumai

Gangguan yang terjadi di Pusat Data Nasional berdampak tidak hanya pada layanan imigrasi, tapi juga proses pendaftaran untuk seleksi PPDB. Seperti yang terjadi di Kota Dumai, Riau, yang memperpanjang pendaftaran akibat gangguan tersebut.

Baca beritanya di sini

Baca juga: Pusat Data Nasional terganggu berdampak ke imigrasi hingga PPDB Dumai

2. Mensos beri usaha dan tempat tinggal layak bagi pemulung di Menteng

Mensos Tri Rismaharini memberikan bantuan modal usaha dan tempat tinggal kepada para pemulung yang berada di Jalan Sukabumi, Menteng, Jakarta Pusat. Tim Kemensos kemudian mengajak para pemulung tersebut ke Sentra Mulya Jaya di Jakarta untuk memberikan asesmen mendalam terkait kebutuhan 12 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) tersebut.

Baca beritanya di sini

Baca juga: Mensos beri usaha dan tempat tinggal layak bagi pemulung di Menteng

3. Indonesia ketatkan surveilans waspadai risiko infeksi flu burung tipe A

Indonesia meningkatkan surveilans menghadapi risiko penularan flu burung (Avian Influenza) pada manusia, menyusul laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa terdapat kasus infeksi flu burung pada manusia dalam beberapa hari terakhir.

Baca beritanya di sini

Baca juga: Indonesia ketatkan surveilans waspadai risiko infeksi flu burung tipe A

4. Kemenag pastikan tak ada jamaah Indonesia tergeletak wafat di jalanan

Kementerian Agama RI memastikan tidak ada jamaah haji asal Indonesia yang tergeletak wafat di Mina tanpa adanya penanganan. Setelah beredar video terkait haji yang dibiarkan tergeletak di jalanan jalur Jamarot, Mina.

Baca beritanya di sini

Baca juga: Kemenag pastikan tak ada jamaah Indonesia tergeletak wafat di jalanan

5. Hari ini, jamaah gelombang 1 mulai dipulangkan ke Tanah Air

Gelombang pertama jamaah haji asal Indonesia mulai dipulangkan ke Tanah Air mulai 22 Juni 2024, yang sebagian akan diterbangkan melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, menurut Direktur Bina Haji Kementerian Agama Arsad Hidayat di Makkah, Jumat.

Baca beritanya di sini

Baca juga: Hari ini, jamaah gelombang 1 mulai dipulangkan ke Tanah Air

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024