Jakarta (ANTARA) - Pelatih Belanda Ronald Koeman menilai gol Xavi Simons pada babak kedua pertandingan melawan Prancis seharusnya sah.

Laga kedua di Grup D di di Red Bull Arena Leipzig pada Sabtu dini hari itu berakhir imbang 0-0.

Skuad Koeman sempat memecahkan kebuntuan lewat tendangan Xavi Simons, tapi wasit Anthony Taylor menganulirnya karena Denzel Dumfries dianggap offside dan menghalangi kiper Mike Maignan dalam menghentikan laju bola.

Koeman menilai Dumfries sama sekali tidak menggangu Maignan karena kiper Prancis itu sudah mati langkah.

"Saya rasa posisi Dumfries memang sudah offside, tetapi dia tidak menggangu kiper dan bila itu tidak terjadi, maka gol itu sah," kata Koeman seperti dilaporkan The Sun.

Baca juga: Belgia perlu ketajaman Lukaku untuk selamat dari fase grup

“Anda (wasit) sampai butuh lima menit untuk memeriksa gol itu karena sangat sulit? Saya tidak mengerti. Saya rasa gol itu seharusnya sah," tambah Koeman.

Kapten Oranye, Virgil van Dijk, juga kecewa kepada keputusan wasit menganulir gol Simons. Namun, Van Dijk menyatakan senang pada hasil imbang melawan Prancis.

"Gol kami seharusnya valid berdasarkan apa yang saya lihat dari belakang, tapi kami akhirnya mendapatkan poin dan semua hal masih tergantung tangan kami sendiri," kata bek Liverpool tersebut.

Belanda akan menghadapi Austria dalam pertandingan terakhir Grup D pada Selasa pekan depan.

Baca juga: Laga Belanda vs Prancis berakhir imbang nihil gol

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024